Peristiwa Daerah

Kasus Positif Covid-19 di Abdya Aceh Meningkat

Kamis, 24 Juni 2021 - 17:51 | 26.02k
Kadinkes Abdya, Safliati SST MKes di Dinkes Abdya, Kamis (24/6/202) (FOTO: T. Khairul Rahmat Hidayat Terasa/TIMES Indonesia)
Kadinkes Abdya, Safliati SST MKes di Dinkes Abdya, Kamis (24/6/202) (FOTO: T. Khairul Rahmat Hidayat Terasa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, ACEH BARAT DAYA – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh bertambah menjadi 195. Sementara itu, penderita yang telah dinyatakan sembuh diantaranya sebanyak 150 orang.

Kadinkes Abdya, Safliati SST, MKes mengatakan, untuk tahun 2021 di kabupaten berjulukan 'bumoe breuh sigupai' terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 101 kasus, sedangkan pasien terinfeksi virus corona yang sedang dirawat sebanyak 30 orang.

"Sejak Januari 2021 terkonfirmasi positif Covid-19 di Abdya sebanyak 101, jadi untuk jumlah keseluruhan sejak tahun 2020 lalu hingga saat ini terhitung sebanyak 195 kasus," ungkap Safliati kepada TIMES Indonesia di ruang kerjanya, Dinkes Abdya, Komplek Perkantoran Bukit Hijau, Blangpidie, Kamis (24/6/202).

Pasien-Covid-19-di-RSUD-dr-Koesma.jpg Pasien Covid-19 di RSUD dr Koesma. [FOTO: Timesindonesia.co.id]

Safliati menjelaskan, dari keseluruhan kasus positif Covid-19 tersebut, sebanyak 150 orang dinyatakan telah sembuh, korban meninggal 15 orang, sedangkan 30 orang lainnya saat ini masih dalam perawatan medis dan sebagian melakukan isolasi mandiri.

"24 OTG melakukan isolasi secara mandiri, dua orang dirawat di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA), di RS Meuraxa satu orang, dan di RS Teungku Peukan Abdya sebanyak tiga orang hingga kini masih dalam perawatan medis," ujarnya.

Saat ini, tambah Safliati, kabupaten bertuan tanah 'Teungku Peukan' itu masih ditetapkan sebagai daerah zona orange. Sedangkan penetapan labeling ditetapkan berdasarkan kasus terkonfirmasi Covid-19 di masing-masing kecamatan.

"Kecamatan Lembah Sabil, Setia, Jeumpa dan Babahrot hingga saat ini labelingnya masih hijau, sementara Kecamatan Manggeng, Tangan-Tangan dan Kuala Batee labeling kuning, dan labeling merah untuk Kecamatan Blangpidie serta Kecamatan Susoh," urai Kadinkes Abdya.

Safliati-SST-MKes-2.jpgKadinkes Abdya, Aceh saat diwawancarai TIMES Indonesia di ruang ruang kerjanya, Dinkes Abdya, Komplek Perkantoran Bukit Hijau, Blangpidie, Kamis (24/6/202) (FOTO: T. Khairul Rahmat Hidayat Terasa/TIMES Indonesia)

Walaupun kondisi daerah aman, ucap Safliati, tapi kasus positif Covid-19 semakin bertambah. Namun, pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya dalam mencegah terjadinya penyebaran virus Corona semakin meluas.

Selain dengan melaksanakan berbagai sosialisasi kepada masyarakat, Satgas Covid-19 di Abdya juga mengimbau warga untuk selalu taat dan patuh pada aturan yang telah ditetapkan pemerintah tentang pelaksanaan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

"Tetap laksanakan prokes 3M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Selain itu kami juga berharap agar masyarakat selalu menjaga kesehatan dengan cara berperilaku hidup bersih, menjaga pola makan, hindari kerumunan dan sebagainya. Semoga saja pandemi Covid-19 ini segera berlalu," papar Kadinkes Abdya, Safliati SST, MKes. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES