Ekonomi

Lewat UMKM, Ryan Kono Ajak Masyarakat Berperan dalam Pemulihan Ekonomi

Kamis, 24 Juni 2021 - 15:33 | 21.53k
Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono dalam sambuatnya saat membuka pembukaan Diklat peningkatan kapasitas SDM pelaku UMKM di Kota Gorontalo, Kamis (24/6/2021). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)
Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono dalam sambuatnya saat membuka pembukaan Diklat peningkatan kapasitas SDM pelaku UMKM di Kota Gorontalo, Kamis (24/6/2021). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

TIMESINDONESIA, GORONTALO – Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat berpartisipasi dan berperan serta dalam peningkatan perekonomian negara terkhusus perekonomian Kota Gorontalo melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19.

Ryan menjelaskan di masa pandemi Covid-19, UMKM di Kota Gorontalo sangat berdampak. Sehingga, Pemerintah Kota Gorontalo membuat  kegiatan Diklat pengembangan kapasitas, dan kompetensi UMKM dalam berwirausaha yang berbasis online.

“Ada juga fasilitas akses modal melalui digitalisasi perbankan, LPDB, fasilitas pemasaran berbasis digital kerjasama dengan marketplace seperti tokopedia, Amarta pihak swasta dan pelaku/partisi yang sudah memanfaatkan digital lokal, dan yang sudah berpengalaman dalam pemasaran online,” Kata Ryan Kono dalam sambuatnya saat membuka pembukaan Diklat peningkatan kapasitas SDM pelaku UMKM di Kota Gorontalo, Kamis (24/6/2021).

Ryan berharap, UMKM di Kota Gorontalo dapat semakin maju dan berkembang. Masyarakat, dunia usaha dan elemen yang lain diharapkan dapat mendukung kemajuan UMKM. Ryan bilang, pihaknya memegang komitmen untuk memajukan para pelaku UMKM, dan itu sudah masuk dalam Misinya.

Ryan Kono 2Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono saat memakaikan Id Card Diklat kepada salah satu pelaku UMKM (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

“Penguatan kapasitas UMKM melalui DIgitalisasi diharapkan UMKM dapat tumbuh bersama dan berjalan beriringan, dan tidak ada yang termarginalkan,” ujarnya

Ryan menjelaskan di era saat ini adalah era kompetisi dengan memanfaatkan informasi dan teknologi. Ia bilang, siapa yang mampu bersaing, dia yang akan survive. “Banyak contoh yang bisa dilihat dan kita jadikan inspirasi. Banyak pelaku UMKM yang karena keuletannya, kerja kerasnya dan sifat pantang menyerah yang dimiliki, dapat menjadi pelaku usaha yang sukses,” ucapnya

Ryan menuturkan, untuk menjadi wirausahawan yang kompetitif dan survive, memang tidak mudah, tapi bukan juga sesuatu yang mustahil. Ia meminta, setiap pelaku usaha harus memiliki sikap optimis, dan perpesan tetap bersama-sama menciptakan keadaan yang aman, tertib dan teratur. 

“Sehingga dapat menciptakan iklim usaha yang kondusif dalam menunjang peningkatan perekonomian. Upaya pemberdayaan UMKM saat ini, membutuhkan keseriusan dan keberpihakan yang nyata, tegas dan lebih luas dari semua pihak,” tutup Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES