Peristiwa Daerah

Pemukiman Nelayan dan Tambak di Probolinggo Diterjang Banjir Rob

Kamis, 24 Juni 2021 - 15:27 | 36.41k
Anak-anak di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, sedang melintas di jalan umum yang diterjang banjir rob. (Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)
Anak-anak di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, sedang melintas di jalan umum yang diterjang banjir rob. (Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOBanjir rob kembali merendam pemukiman nelayan dan tambak di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (24/6/2021) pagi. Akibatnya, aktivitas warga tersendat dan lumpuh.

Pantauan di lokasi, air pasang laut yang menggenangi pemukiman warga nelayan. Air pasang laut selain merendam pemukiman padat penduduk, seperti rumah warga dan tambak juga tambak ikan terendam.

Banjir rob atau air  laut pasang laut ini, masuk melalui aliran sungai, kemudian  air menggenangi pemukiman nelayan dan tambak  milik warga.

Menurut warga setempat, banjir rob  terjadi setiap tanggal 15 jawa, yakni pada pergantian musim penghujan ke musim kemarau. Kali ini terjadi pada pagi hari, dan sudah terjadi sejak dua hari terakhir.

Banjir Rob 2Pemukiman warga terendam banjir rob. (Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)

“Banjir kali ini merupakan yang paling tinggi. Bahkan, ketinggian air mencapai 30 centimeter di bawah lutut anak kecil, airpun cukup deras sekali sampai membawa kotoran sampah,” kata Amin, warga setempat.

Setiap banjir rob itu datang kata Amin, aktivitas nelayan dan tambak milik warga lumpuh, karena tak bisa bekerja setika banjir rob menerjang di pemukimannya.

Selain itu, akses jalan umum masuk Desa Kalibuntu terendam air. Warga di pemukiman nelayan berharap, banjir rob ini tidak terus terjadi dan ada perhatian dari pemerintah Kabupaten Probolinggo. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES