Kopi TIMES

Titik Periksa Perjalanan Pemasaran

Kamis, 24 Juni 2021 - 12:24 | 15.87k
Titik Periksa Perjalanan Pemasaran
Faizal Alfa, Direktur PT Fortuna IMarks Trans. (Desain: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam sebuah perjalanan, checkpoint adalah sebuah penanda penting yang membantu memantau jarak yang telah kita tempuh. Manfaatnya? Jelas, sebagai pembanding dengan tujuan dan jarak keseluruhan dari perjalanan yang dirancang.

Checkpoint atau titik periksa, biasanya ditentukan dalam pembagi yang mudah dihitung, misalnya seperempat atau setengah perjalanan.

Dalam perjalanan pemasaran bisnis kuliner, titik periksa juga kerap digunakan. Logikanya sama saja, angka pembaginya yang dapat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pantaunya. Titik pantau sebulan perjalanan kerap dijadikan acuan. 

Berapa omzet sebulan? Apakah sesuai dengan target? Lebih rendah daripada target? Atau malah melampaui target yang telah ditentukan.

Menariknya, menang, seri, atau kalahnya sebuah outlet dalam sebulan, tidak tiba-tiba terjadi. Salah satu titik pantau yang lebih pendek dan biasa digunakan, adalah titik pantau basis 10 harian. 

Jadi ingat suasana ramadhan kan? Ada 10 hari pertama, 10 hari kedua, 10 hari ketiga. Pemahaman ini, umumnya sudah cukup kuat melekat di owner, karena tidak cuma kita lihat enaknya owner dengan penghasilan super, dalam sudut pandang keseimbangan, owner memegang tanggung jawab saat performa bisnis kulinernya di bawah rata-rata. 

Nombok uang sendiri agar sekedar mampu memenuhi kewajiban menggaji karyawan? Aaah, sebuah cerita yang kerap terjadi dan tidak susah untuk ditemui.

Serunya suasana hati owner yang sport jantung saat tanggal gajian mendekat dan uang tak kunjung didapat, sungguhlah pengalaman yang ngeri ngeri ngangeni.

Kesadaran akan data, angka, dan situasi ini, perlu juga ditanamkan kepada tim di lapisan berikutnya. Titik pantau 10 harian bisa menjadi pilihan. 

Cek angka hasil pencapaian di titik periksa 1 tanggal 11, memeriksa performa dari tanggal 1-10, kemudian cek angka di titik periksa 2 tanggal 21, menyimak hasil lanjutan tanggal 11-20, kemudian cek angka di titik periksa 3 tanggal 1 bulan berikutnya, memeriksa hasil tanggal 21-30/31 dan sekaligus hasil akumulatif tanggal 1-30/31

Kesadaran angka ini membangun kesadaran akuntabilitas dalam tim, sehingga owner tidak jadi Caca Handika, yang masak-masak sendiri, makan-makan sendiri, cuci baju sendiri, tidur pun sendiri, ntar ujungnya pusing sendiri, stress sendiri, dan marah-marah sendiri, uring-uringan nggak karuan.

Kalau skor di titik periksa 1 belum sampai, maka aneka tindakan dapat dilakukan dengan masih ada waktu tersedia untuk aneka perlakuan berupa opsi dan solusi. Kalah, seri, atau menang, perlu disadari, agar dapat melakukan penyesuaian strategi, dan nggak sekedar pasrah dalam posisi kalah, plus sudah kehabisan waktu. 

Ingat, saat sudah kehabisan waktu, di saat yang sama, pertandingan babak berikutnya, langsung dan sedang dimulai tanpa menunda.

Bagaimana menyikapi hasil titik periksa? Tentu dicek, posisi tidak tercapai karena apa? Identifikasi dan temukan : penyebab-yang-paling-mungkin :

Tindakan yang belum dilakukan -> Dorong agar dilakukan dengan segera -> Ciptakan

Tindakan yang tidak optimal dilakukan -> biasanya terkait dosis untuk melakukan sesuatu, disiplinkan dalam pelaksanaan -> Tambahkan

Tindakan yang berdampak namun upayanya lebih besar daripada estimasi -> perlu penyesuaian -> Kurangi

Tindakan yang tidak memberikan dampak-> tervalidasi tidak memberikan efek -> Hilangkan

Lakukan intervensi dalam proses, karena hanya intervensi yang memberikan influence, mampu memicu dan memberikan dampak. 

Saat di hasil akhir nanti tidak sesuai dengan harapan? Jangan resah, karena jika dilaksanakan secara optimal, tim akan tetap terjaga level moralnya, dalam mode fullfilment. Hasil boleh kalah, strategi terbukti salah, tapi energi dan semangat untuk bertumbuh terjaga utuh pantang menyerah. Life goes on, next!

Salam Pertumbuhan! (*)

*) Penulis: Faizal Alfa, PT Fortuna iMARKS Trans

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

***

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

EKORAN

TERBARU

  • 6 Kebiasaan Buruk yang Akan Membuat Anda Menyesal
    6 Kebiasaan Buruk yang Akan Membuat Anda Menyesal
    30/07/2021 - 06:33
  • Asyik, Banyak Promo di Hotel The Alana Surabaya saat PPKM
    Asyik, Banyak Promo di Hotel The Alana Surabaya saat PPKM
    30/07/2021 - 05:22
  • Check These Interesting Discounts of Waterboom Ternate
    Check These Interesting Discounts of Waterboom Ternate
    30/07/2021 - 04:33
  • 6 Foods to Eat when You Have Cold
    6 Foods to Eat when You Have Cold
    30/07/2021 - 03:37
  • Manfaat Makanan Organik untuk Kesehatan Tubuh
    Manfaat Makanan Organik untuk Kesehatan Tubuh
    30/07/2021 - 02:33

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Puan dan Citra Politik
    Puan dan Citra Politik
    29/07/2021 - 17:52
  • Gempuran Pandemi dan Ancaman Generasi Blank
    Gempuran Pandemi dan Ancaman Generasi Blank
    29/07/2021 - 03:07
  • Semua Bisa Jadi Wartawan
    Semua Bisa Jadi Wartawan
    29/07/2021 - 01:22
  • Pertukaran Sosial Antara Calon Kepala Desa dan Pemilih
    Pertukaran Sosial Antara Calon Kepala Desa dan Pemilih
    28/07/2021 - 20:50
  • Tradisi Pendidikan Agama Keluarga Kiai
    Tradisi Pendidikan Agama Keluarga Kiai
    28/07/2021 - 20:43
  • Pulih dari Covid-19 dengan Meningkatkan Imunitas Melalui Aspek Psikologis
    Pulih dari Covid-19 dengan Meningkatkan Imunitas Melalui Aspek Psikologis
    28/07/2021 - 20:35
  • Membingkai Pendidikan Melalui Keteladanan
    Membingkai Pendidikan Melalui Keteladanan
    28/07/2021 - 19:00
  • Catatan Harian KKN Mahasiswa IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi
    Catatan Harian KKN Mahasiswa IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi
    28/07/2021 - 18:23

KULINER

  • JW Marriott Rayakan Festival Pertengahan Musim Gugur dengan Bingkisan Kue Bulan Mewah
    JW Marriott Rayakan Festival Pertengahan Musim Gugur dengan Bingkisan Kue Bulan Mewah
    29/07/2021 - 10:04
  • Dorong Ekonomi Saat Pandemi, Mahasiswa Untag Banyuwangi Buat Produk Jajanan
    Dorong Ekonomi Saat Pandemi, Mahasiswa Untag Banyuwangi Buat Produk Jajanan
    27/07/2021 - 08:56
  • Nikmatnya Jajan Sambil Donasi di DoubleTree by Hilton Surabaya
    Nikmatnya Jajan Sambil Donasi di DoubleTree by Hilton Surabaya
    24/07/2021 - 12:00
  • 6 Tips Olah Daging Kurban Praktis dan Nikmat Ala Chef Juna
    6 Tips Olah Daging Kurban Praktis dan Nikmat Ala Chef Juna
    20/07/2021 - 11:55
  • 4 Tips Olah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Empuk
    4 Tips Olah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Empuk
    20/07/2021 - 03:27