Kesehatan

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Kamis, 24 Juni 2021 - 04:29 | 102.93k
ILUSTRASI - Susu Plus Jahe Merah, Formula Khusus untuk menjaga kesehatan. (FOTO: KlikDokter)
ILUSTRASI - Susu Plus Jahe Merah, Formula Khusus untuk menjaga kesehatan. (FOTO: KlikDokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masak dan minuman hangat. Selain itu, jahe juga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Tak hanya jahe biasa yang sering Anda temukan di pasaran, jahe merah pun sering dimanfaatkan sebagai obat.

Jahe merah mempunyai rasa yang lebih pahit dan pedas dari jahe biasanya. Kandungan bahan aktif yang banyak dalam jahe merah membuat jahe merah dapat memberi manfaat kesehatan untuk Anda. Berikut beberapa manfaat dari jahe merah dilansir dari Hello Sehat.

Mencegah masalah pencernaan

Ekstrak minyak jahe merah dapat melindungi sistem pencernaan Anda dari bakteri, sehingga mencegah Anda dari masalah pencernaan, seperti sakit perut. Agen antibakteri yang ada dalam jahe dapat melawan bakteri jahat, seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus.  

Bila ditambahkan dalam makanan, jahe dapat digunakan sebagai pengawet alami dan dapat mencegah Anda dari keracunan makanan akibat bakteri. Tak hanya itu, kehangatan yang diberikan oleh jahe juga dapat menenangkan pencernaan Anda.

Membantu mengatasi radang otot

Berbagai kandungan dalam jahe dapat bertindak sebagai antiperadangan sehingga dapat membantu Anda dalam melawan peradangan akut maupun kronis. Komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron dapat menghambat enzim siklooksigenase dan lipoksigenase. Sehingga dapat menurunkan leukotrien dan prostaglandin sebagai pemicu peradangan.

Membantu meningkatkan kesuburan pria

Jahe mengandung antioksidan dan memiliki aktivitas androgenik. Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa jahe merah dapat meningkatkan jumlah hormon testosteron sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES