Peristiwa Daerah

Potensi Gagal Panen Padi Hampir Terjadi di Semua Wilayah di Kabupaten Pangandaran

Rabu, 23 Juni 2021 - 23:52 | 51.82k
Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura di Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Aep Haris (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)
Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura di Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Aep Haris (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Pangandaran menyiapkan langkah antisipasi potensi ancaman gagal panen padi.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura di Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Aep Haris mengatakan, potensi gagal panen padi hampir terjadi disemua wilayah.

"Penyebab gagal panen padi di antaranya karena faktor alam seperti kondisi cuaca dan serangan hama wereng serta tikus," kata Aep, Rabu (23/6/2021).

Aep menambahkan, Dinas Pertanian telah menyiapkan persediaan obat pemusnah racun untuk pengendalian hama penyakit padi. "Jika terjadi gagal panen padi, kondisi ketersediaan pangan di Kabupaten Pangandaran masih stabil," tambahnya.

Gagal Panen Padi 2Petani di Kabupaten Pangandaran sedang mengolah sawah (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

Aep menjelaskan, ketersediaan pangan di Kabupaten Pangandaran tergolong aman karena setiap musim panen padi surplus. "Hasil musim panen padi sebelumnya terhitung bisa menyediakan persediaan beras hingga enam bulan kedepan," jelasnya.

Diterangkan Aep, sebentar lagi padi akan bertambah karena dibeberapa daerah akan menghadapi musim panen. "Meski potensi gagal panen padi, Kabupaten Pangandaran tidak akan mengalami krisis pangan" terangnya.

Untuk mengatasi penyebab ancaman gagal panen padi yang terjadi karena serangan hama pihak BPP dan PPL juga PPS telah siap membantu jika diperlukan oleh masyarakat.

"Paling sulit menangani potensi gagal panen yang disebabkan oleh faktor cuaca mengingat kondisi areal sawah di Kabupaten Pangandaran mayoritas sawah tadah hujan," sambung Aep.

Gagal Panen Padi 3Petani di Kabupaten Pangandaran saat panen padi (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

Namun jika ancaman potensi gagal panen yang disebabkan oleh hama wereng serta tikus masih bisa diatasi. "Perlu koordinasi dan komunikasi aktif petani saat tanaman padi diserang hama," tutur Aep.

Petugas dari Dinas Pertanian akan merespon apabila ada laporan dari petani jika sawahnya terserang hama. "Kami punya stok obat racun pembasmi hama padi untuk pengendalian hama agar sawah petani tidak terserang hama dan persediaannya cukup untuk tiga musim," pungkas Aep. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES