Politik

Fraksi Partai Demokrat Dukung Perubahan Penyaluran Bansos BPNT

Rabu, 23 Juni 2021 - 19:50 | 25.58k
Ruang Fraksi Partai Demokrat DPR RI. (FOTO: PR)
Ruang Fraksi Partai Demokrat DPR RI. (FOTO: PR)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggota Komisi VIII DPR RI  Fraksi Partai Demokrat Achmad mendukung perubahan sistem penyaluran bantuan sosial (bansos) Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

Ia beralasan, lantaran selama ini, terdapat kendala-kendala dalam penyaluran BPNT pada elektronik Warung Gotong Royong atau e-warong yang sudah ditunjuk dan bekerja sama dengan perbankan.

"Dengan sistem baru nanti, Ibu menteri (Menteri Sosial Tri Rismaharini) menjelaskan, nanti tidak dibeli dalam bentuk pangan, namun dalam bentuk uang tunai, tapi pakai kartu," ujar Achmad setelah audiensi di Kantor Kemensos RI, Jakarta, Rabu (23/6/2021).
Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan bahwa pihaknya tengah menggodok aplikasi Any-Waroeng sebagai konsep baru program warung gotong-royong berbasis elektronik menggantikan pendahulunya E-Warong.

Mensos Risma menilai program E-Warong (elektronik warung gotong royong) yang diluncurkan pada 2016 itu, kedapatan menjual barang jauh lebih mahal bagi orang miskin yang dapat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), sehingga Any-Waroeng menjadi formula baru untuk menghadirkan bantuan sosial berkeadilan.
Mensos Risma menyampaikan bahwa Kemensos nantinya akan berdiskusi terlebih dahulu dengan bank Himbara, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia dalam menerapkan digitalisasi dalam bantuan sosial berkeadilan tersebut
Kembali ke Achmad.

Ia mengatakan jika dahulu, BPNT diberikan dalam bentuk bahan makanan atau sembako. Sistem baru seperti itu, menurutnya, akan lebih efektif bagi keluarga penerima manfaat (KPM) pada bantuan pangan yang telah ditentukan.

"Sehingga uang itu betul-betul digunakan untuk sehari-hari, apalagi di masa Covid-19 begini," imbuh Anggota Komisi VIII DPR RIFraksi Partai Demokrat Achmad mendukung perubahan sistem penyaluran bantuan sosial (bansos) Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES