News Commerce Indonesia Bangkit

Belajar Membatik Asyik Bersama Batik Manggur Probolinggo

Rabu, 23 Juni 2021 - 03:12 | 68.49k
Siswa peserta kelas khusus belajar membatik di rumah produksi Batik Manggur Probolinggo. (Foto-Foto: Batik Manggur for TIMES Indonesia)
Siswa peserta kelas khusus belajar membatik di rumah produksi Batik Manggur Probolinggo. (Foto-Foto: Batik Manggur for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Batik adalah salah satu warisan budaya yang harus kita lestarikan. Untuk melestarikan warisan tersebut, industri kecil dan menengah (IKM) Batik Manggur di Kota Probolinggo memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar membatik dengan membuka kelas khusus.

Batik Manggur yang didirikan oleh Siti Malikhah tahun 2008, merupakan batik tulis khas Kota Probolinggo dengan motif utama mangga dan anggur (Manggur). Batik ini adalah salah satu pelopor IKM batik di Kota Probolinggo yang saat ini kiprahnya sudah diakui kancah nasional.

Batik Manggur 2

“Batik (Manggur) khas Probolinggo ini harus kita wariskan ke anak cucu kita. Kami di sini juga membuka kelas khusus untuk belajar membatik bagi para siswa yang ingin belajar membatik," kata Siti Malikhah, owner Batik Manggur, Senin (21/6/2021).

Menurut dia, sejak awal berdiri hingga saat ini sudah ratusan motif diproduksi oleh Batik Manggur. Kelas pelatihan batik pun diadakan tidak hanya di rumah produksi Batik Manggur saja. tak jarang Siti Malikhah mendapat undangan khusus untuk menjadi narasumber pelatihan membatik.

Batik Manggur 3

Tidak hanya membuka kelas pelatihan membatik, Siti mengatakan, pihaknya juga membantu para IKM batik Kota Probolinggo dan sekitarnya dalam penyediaan bahan baku membatik.

Rumah produksi Batik Manggur yang berlokasi di Jalan KH Sulthon Dusun Subur RT03/RW 06 Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan, selalu menjadi jujukan pertama bagi para pemburu batik khas Kota Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES