Gaya Hidup

Jika Teori Bumi Datar Benar-Benar Nyata, 4 Hal Ini yang Terjadi

Rabu, 23 Juni 2021 - 01:17 | 85.07k
Ilustrasi - Bumi datar. (Foto: unsplash.com)
Ilustrasi - Bumi datar. (Foto: unsplash.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memang sudah menjadi topik perdebatan yang menarik jika kita berbicara tentang bumi sebagai tempat kita tinggal dan hidup. Pembahasannya pun bermacam-macam mulai dari kehidupan hingga yang ada di dalam Bumi. Akhir-akhir ini, berbagai macam teori tentang Bumi mulai banyak bermunculan, seperti salah satunya teori Bumi datar.

Uniknya, memang banyak orang yang percaya bahwa Bumi itu berbentuk datar. Memang kita dari kecil sudah diajarkan dan mengetahui bahwa bentuk Bumi adalah bulat. Namun seandainya jika Bumi datar bukanlah hanya sekedar teori belaka namun memang kenyataan, kira-kira apa yang akan terjadi ya?

Nah, melansir dari beberapa sumber, kali ini TIMES Indonesia akan membahas 4 hal yang akan terjadi jika bumi berbentuk datar.

1. Tidak ada gravitasi Bumi

Teori tentang gaya tarik atau biasa kita sebut dengan gravitasi Bumi milik Newton, mungkin akan tidak berlaku jika Bumi berbentuk datar.

Seorang ahli geofisika dari Columbia University bernama James Davis, mengungkapkan bahwa tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi terhadap gravitasi Bumi jika Bumi memang berbentuk datar.

2. Tidak ada GPS

Selain itu, jika Bumi berbentuk datar, maka yang akan terjadi adalah sistem GPS yang eksis saat ini mungkin tidak akan pernah ada. Hal ini terjadi karena GPS sendiri bekerja mengandalkan satelit yang berputar mengelilingi Bumi.

Nah, seandainya Bumi memang berbentuk datar, maka tidak ada medan magnet yang befungsi untuk membuat satelit dapat mengitari Bumi.

3. Punya ujung dunia

Seandainya Bumi berbentuk datar, maka secara logika tentu saja pasti ada tempat yang menjadi ujung dari Bumi. Kita juga tidak tahu apa yang akan terjadi ketika kita memang mencapai ujung dari Bumi tersebut, apakah kita akan menemukan sebuah tembok yang menutupi ujung tersebut, atau bahkan kita bisa melewatinya karena diprediksikan tidak ada gravitasi.

4. Kapal di kejauhan laut akan selalu terlihat

Ada ahli astronomi yang juga menjadi pengarang buku beranama Dr. Stuart Clark. Melalui Tech Insider dia menyebutkan bahwa semakin jauh sebuah kapal pergi dari daratan, maka yang terjadi kapal tersebut akan menghilang.

Kapal tersebut menghilang karena Bumi yang berbentuk bulat, jika Bumi berbentuk datar maka pendapat ini tidaklah valid, dan kapal akan selalu terlihat dari kejauhan.

Nah, itu barusan adalah 4 hal yang mungkin akan terjadi jika Bumi datar memang benar adanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES