Peristiwa Nasional

Selamat Ulang Tahun Presiden RI Jokowi

Senin, 21 Juni 2021 - 06:14 | 52.33k
Presiden RI Jokowi (Joko Widodo). (FOTO: Setkab RI)
Presiden RI Jokowi (Joko Widodo). (FOTO: Setkab RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hari ini adalah hari spesial bagi Presiden RI Jokowi (Joko Widodo). Ia merayakan ulang tahun. Kepala Negara lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961 silam.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lahir dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi. Jokowi adalah anak sulung dan putra satu-satunya dari empat bersaudara. Ia memiliki tiga orang adik perempuan bernama Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati.

Diketahui, pria yang juga pernah menjabat Wali Kota Solo itu sebenarnya memiliki seorang adik laki-laki. Namanya Joko Lukito. Tetapi meninggal saat persalinan. Sebelum berganti nama, Joko Widodo memiliki nama kecil Mulyono. Ayahnya berasal dari Karanganyar, sementara kakek dan neneknya berasal dari sebuah desa di Boyolali.

Jokowi-4.jpg(FOTO: Facebook.com)

Presiden Jokowi menikah dengan Iriana di Solo, tanggal 24 Desember 1986. Dari Iriana ia memiliki tiga orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka (yang kini jadi Wali Kota Solo), Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Jabatan Politik

Jokowi terhitung sebagai Presiden ke-7 Indonesia. Ia mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014 lalu. Ia menjadi Kepala Negara Indonesia pertama sepanjang sejarah yang bukan berasal dari latar belakang elite politik atau militer Indonesia.

Jokowi terpilih bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dan kembali terpilih bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam Pemilu Presiden 2019. Ia juga pernah menjabat Gubernur DKI Jakarta sejak 15 Oktober 2012 hingga 16 Oktober 2014 didampingi Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Wakil Gubernur.

Sebelumnya, Jokowi adalah Wali Kota Solo, sejak 28 Juli 2005 hingga 1 Oktober 2012 didampingi F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakil wali kota. Dua tahun menjalani periode keduanya menjadi Wali Kota Solo, Jokowi ditunjuk oleh partainya, PDI Perjuangan, untuk bertarung dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Ahok.

Selamat ulang tahun Presiden RI Jokowi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES