Gaya Hidup

Ikan Channa Naik Daun, Jadi Buruan Kolektor Ikan Hias Surabaya

Senin, 21 Juni 2021 - 02:31 | 135.41k
Peserta Aquatic & Reptile Festival pamer koleksi ikan channa, Minggu (20/6/2021). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Peserta Aquatic & Reptile Festival pamer koleksi ikan channa, Minggu (20/6/2021). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pamor ikan channa tengah melambung di kalangan pecinta ikan hias. Hal itu terbukti saat ajang Aquatic & Reptile Festival di Atrium 1 Pakuwon Mall Surabaya Timur, Minggu (20/6/2021).

Komunitas dan kolektor berkumpul memamerkan koleksi ikan channa terbaik mereka. Harganya beragam bahkan cukup fantastis. Ada yang mencapai Rp 20 juta untuk jenis auranti.

Ikan Channa sendiri merupakan nama famili untuk ikan gabus. Istilah channa merujuk pada nama ilmiah family Channidae.

Pengunjung-Aquatic--Reptile-Festival-melihat-koleksi-aneka-piranti-ikan-hias.jpgPengunjung Aquatic & Reptile Festival melihat koleksi aneka piranti ikan hias, Minggu (20/6/2021). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia) 

Sama seperti cupang, ikan chana juga bersifat teritorial dan menyerang sesama jenis yang masuk ke wilayahnya. Oleh karena itu, ikan channa umumnya dipelihara sendirian dalam satu akuarium. Jenisnya mencapai 20 macam.

Ketua penyelenggara, Ryan, mengatakan, perawatan ikan channa cukup gampang. Bahkan tanpa perlu menggunakan filter.

Warna ikan ini memang cantik. Silangan kuning, super red dan sebagainya. Komunitas turut berperan mendongkrak popularitas ikan channa kepada pengunjung. "Ikan channa auranti paling banyak digandrungi," jelasnya, Minggu (20/6/2021).

Tak hanya pamer beragam jenis ikan hias, festival ini juga jadi ajang kontes. Kriteria ikan juara antara lain jenis, warna, dan mental saat bertemu lawan jenis dalam satu aquarium.

Pengunjung-memegang-kura-kura.jpgPengunjung memegang kura-kura, Minggu (20/6/2021). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia) 

Para peserta pemenang kontes bisa membawa pulang trophy, uang pembinaan dan perawatan ikan.

Ryan mengatakan antusiasme peserta dan pengunjung cukup tinggi. Terbukti sejak digelar mulai 10-20 Juni 2021 booth pameran tak pernah sepi. "Pengunjung rata-rata banyak yang beli karena baru kali ini kita adakan event," ungkapnya.

Dia berharap Aquatic & Reptile Festival ini juga menjadi ajang silaturahmi dan mengenalkan pamor reptil dan ikan hias kepada khalayak luas. Karena beragam hewan ikut dalam pameran.

Selain ikan channa, ada juga ikan cupang, ular, kura-kura, sugar glider dan lainnya. Sekitar 16 komunitas reptil dan ikan hias dari Kota Surabaya turut ambil bagian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES