News Commerce Indonesia Bangkit

The Power of Enneagram, Studi Sembilan Tipe Dasar Manusia

Minggu, 20 Juni 2021 - 00:47 | 57.13k
Sebuah gambar bertitik sembilan yang menjadi pegangan dalam studi enneagram. (Foto: Dok Hadi Pranoto for TIMES Indonesia)
Sebuah gambar bertitik sembilan yang menjadi pegangan dalam studi enneagram. (Foto: Dok Hadi Pranoto for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOEneagram adalah studi tentang sembilan tipe dasar manusia. Studi ini memberi penjelasan mengapa perilaku kita seperti ini dan memberi pengarahan tertentu bagi pertumbuhan seseorang. Enneagram merupakan sarana penting untuk mengembangkan hubungan dengan keluarga, teman, dan mitra kerja. 

Cikal bakal Enneagram telah ada sejak ratusan tahun lalu. Asal persisnya tidak diketahui, tetapi diyakini telah diajarkan secara lisan dalam kelompok sufi rahasia di Timur Tengah. Guru mistis Rusia, G I Gurdjieff lalu mengenalkan studi ini ke Eropa pada 1920-an, dan akhirnya sampai di AS sekitar 1960-an.

Sistem Enneagram (dibaca eni-e-grem) digambarkan dengan suatu lingkaran yang berisi sebentuk bintang bertitik sembilan. Dalam bahasa Yunani, Ennea adalah angka sembilan, dan gram artinya "sebuah gambar". Jadi, Enneagram berarti "sebuah gambar bertitik sembilan".

Enneagram mengajarkan bahwa pada awal kehidupan, kita belajar untuk merasa aman. Selain itu, untuk menghadapi kondisi dalam keluarga dan keadaan diri sendiri dengan mengembangkan suatu strategi yang didasari talenta dan kemampuan alamiah kita. 

Dengan memanfaatkan Enneagram, kita dapat lebih memahami orang lain dan mempelajari sejumlah alternatif dalam pola perilaku kita sendiri. Kita terbebas dari strategi pengatasan masalah yang usang dan mulai memandang kehidupan dari sudut pandang yang lebih luas. 

Orang-orang yang setipe memiliki motivasi dasar yang sama dan memandang dunia ini dengan cara yang pada dasarnya serupa. Sejumlah variasi dalam tiap-tiap tipe bersumber dari faktor-faktor semacam kedewasaan, tipe orangtua, urutan kelahiran, nilai budaya, dan karakter-karakter bawaan seperti introver atau ekstrover secara alamiah. 

Dengan mempelajari Enneagram, Anda mulai dapat "menggolongkan" orang yang Anda kenal ke dalam tipe tertentu. Namun, disarankan agar Anda menyimpan saja terkaan itu untuk diri sendiri dan tetap berpikiran terbuka.

Penentuan tipe seseorang secara akurat adalah penting dan mesti dilakukan oleh tiap orang sesuai persepsi internalnya sendiri. Mungkin kita akan merasa lega jika tahu bahwa ada jutaan orang yang memiliki strategi menjalani hidup yang sama dengan kita.

Pola perilaku yang mencuat dari kesembilan tipe di sini meski demikian-sama banyak, misterius, dan uniknya dengan individu-individu yang terlibat. 

Kesembilan tipe dasar manusia tersebut adalah perfeksionis, penolong, pengejar prestasi, romantis, pengamat, pencemas, petualang, pejuang, dan pendamai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES