Olahraga

5 Nama Negara Peserta Piala Eropa 2021 dalam Bahasa Indonesia beserta Alasannya

Sabtu, 19 Juni 2021 - 21:44 | 142.10k
Piala Eropa 2020 (UEFA) (FOTO: uefa.com)
Piala Eropa 2020 (UEFA) (FOTO: uefa.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ajang Piala Eropa 2021 (Euro 2020) berhasil menarik perhatian pecinta sepak bola seluruh dunia termasuk Indonesia. Spesial untuk yang pertama kalinya sepanjang sejarah turnamen dua tahunan ini diadakan di 12 kota dalam 12 negara berbeda.

Dari 24 tim yang bertanding, sedikitnya ada 5 negara yang penamaannya dalam bahasa Indonesia tidak diserap dari bahasa Inggris.

Jadwal-lengkap-Piala-Eropa.jpgJadwal lengkap Piala Eropa 2021 (Euro). (Grafis: TIMES Indonesia) 

1. Dimulai dari Inggris. Dalam bahasa Indonesia, penamaan negara pencetus revolusi industri itu tidak diserap dari bahasa aslinya. Orang Indonesia tidak menyebut "England", melainkan "Inggris" yang ternyata diambil dari bahasa Portugis "Ingrês".

2. Sama halnya dengan Inggris, Prancis dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa Portugis "Francês". Sementara orang Inggris menggunakan "France".

3. Spanyol dalam bahasa Inggris disebut "Spain". Orang Spanyol sendiri menyebut negaranya "España". Namun bahasa Indonesia menyerapnya dari bahasa Belanda "Spanje". Sementara "Spain" Dalam bahasa diambil dari bahasa Latin "Hispania".

4. Swiss yang dikenal sebagai negara teraman di dunia ini dalam bahasa Inggris dinamai "Switzerland" yang merupakan serapan dari kata "Schwyz", salah satu wilayah di sana. Sementara bahasa Indonesia lebih condong mengambil dari bahasa Prancis "Suisse" menjadi "Swiss".

5. Terakhir adalah Belanda, orang setempat menamai negeri bawah laut ini dengan kata "Holland" atau "Nederland". Sementara dalam bahasa Inggris disebut "Netherland", kata "Belanda" dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa Portugis "Holanda".

Itu tadi 5 nama negara peserta Piala Eropa 2021 (Euro 2020) yang penamaannya dalam bahasa Indonesia tidak diambil dari bahasa Inggris. Jadi, mana negara jagoan pembaca Times Indonesia dalam ajang ini?. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES