Indonesia Positif

Guru Penggerak Cilacap Latih Siswa Kepemimpinan Era Digital

Sabtu, 19 Juni 2021 - 19:40 | 58.01k
Mudiyatun Sawiyah dan Imam Heriyanto penggagas pelatihan kepemimpinan dalam era digital bagi siswa SMP Negeri 1 Cipari, Cilacap. (FOTO : Heni for TIMES Indonesia)
Mudiyatun Sawiyah dan Imam Heriyanto penggagas pelatihan kepemimpinan dalam era digital bagi siswa SMP Negeri 1 Cipari, Cilacap. (FOTO : Heni for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Pandemi Covid-19 menjadikan siswa sebagai pengguna utama dunia maya seolah mengalami euforia digital. Hal itu menjadikan mereka sulit untuk diarahkan, bahkan oleh para guru sekalipun.

Banyak sekali orang tua yang mengeluhkan kondisi anaknya yang lebih banyak bermain game online daripada belajar di rumah. Disamping itu marak juga dijumpai kasus penyalahgunaan medsos akibat ketidakpahaman siswa akan dampak yang mungkin timbul.

Melihat kondisi yang memprihatinkan tersebut, Guru Penggerak SMPN 1 Cipari Kabupaten Cilacap, Mudiyatun Sawiyah dan Imam Heriyanto menggagas Program Pelatihan Kepemimpinan Dalam Era Digital.

Menurut mereka, kegiatan ini dimaksudkan untuk mencetak agen-agen dalam penumbuhan budaya positif di sekolah.

Kegiatan ini dihelat Sabtu (19/6/2021) dan diikuti oleh 20 siswa pengurus OSIS dengan dua sesion yakni, pemaparan materi dan aplikasi.

Dua Guru Penggerak ini berkolaborasi dengan Wakil Kepala Urusan Kesiswaan, guru BK, wali kelas, serta orang tua dalam pelaksanaannya.

Guru Penggerak Cilacap a

Mudiyatun dalam kesempatan ini menyampaikan tentang Literasi Digital dan Kepemimpinan. Ia juga menjelaskan tentang dampak positif dan negatif penggunaan internet serta cara bermedsos yang baik dan memanfaatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Para siswa juga dilatih pemanfaatan canva for education, dan pembuatan twibbon.

Sedangkan materi Kepemimpinan dijelaskan oleh Imam Heriyanto. Ia menyampaikan berkaitan dengann peran preventif OSIS sebagai agen dalam penumbuhan budaya positif siswa SMPN 1 Cipari.

Diantaranya adalah  untuk membanjiri media sosial dengan unggahan yang bersifat positif, kata-kata motivasi, dukungan dan kampanye tentang keunggulan sekolah.

Siswa terlihat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. Mereka juga langsung mempraktikkan ilmu yang diperoleh dengan mengampanyekan pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) secara jujur melalui twibbonize dan juga ajakan untuk bersekolah di SMP Negeri 1 Cipari dalam rangka menyongsong PPDB tahun ini.

Guru Penggerak Cilacap b

“Untuk memudahkan koordinasi, kami membuat grup WA ‘Siswa Penggerak’ sebagai wadah untuk berdiskusi dan berbagi ide baik secara berkala,” tutur Imam Heriyanto.

Kepala SMPN 1 Cipari, Ahmad Fathoni sangat mendukung kegiatan  ini. Menurutnya kegiatan ini mampu menggerakkan guru dan siswa untuk berinovasi dan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih berkualitas.

"Kegiatan ini membawa dampak positif terhadap kreativitas dan kepedulian siswa khususnya dalam tawaashou bil haq (saling menasihati dalam kebenaran). Saya berharap seluruh warga sekolah akan terus bergerak meningkatkan kualitas pelayanan melalui inovasi program-program lain di masa mendatang demi terwujudnya pendidikan yang tanggap zaman,"  harap Ahmad Fathoni, Kepala SMPN 1 Cipari.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES