Peristiwa Daerah

Buka Muscab Ke-2 IKA PMII Kota Malang, Amin Said Husni: Malang Barometer Jatim

Sabtu, 19 Juni 2021 - 19:30 | 65.14k
Ketua PW IKA PMII Jawa Timur, KH. Amin Said Husni, menghadiri pembukaan Muscab Ke-2 IKA PMII Kota Malang. (Foto: Tangkapan layar)
Ketua PW IKA PMII Jawa Timur, KH. Amin Said Husni, menghadiri pembukaan Muscab Ke-2 IKA PMII Kota Malang. (Foto: Tangkapan layar)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ketua PW IKA PMII Jawa Timur, KH. Amin Said Husni membuka Musyawarah Cabang ke-2 Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Kota Malang di Unisma, Jalan MT Haryono, Kota Malang, Sabtu (19/6/2021).

Mantan Bupati Bondowoso dua periode itu menguatkan tema Muscab kali ini, yakni Konsolidasi Organisasi untuk penguatan Ekosistem IKA PMII Kota Malang yang Inklusif, Konektifitas, dan Demokratis

Menurutnya, Malang adalah barometer di Jawa Timur. Alumninya paling banyak bahkan disebutkan melebihi Surabaya.

"Unggul tidak hanya kuantitas tapi juga kualitas. Di sini (Malang) sepertinya paling banyak profesornya," ujarnya. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan salah satu fungsi IKA PMII adalah menjadi menyambung antar kader dan alumni. Organisasi ini adalah wadah konektivitas baik internal maupun eksternal, yakni dengan membentuk jaringan yang kuat.

"Kita boleh ada di tempat berbeda, posisi berbeda, kampus berbeda, tapi dalam satu wadah. Saya harap muscab kedua ini, bisa bermusyawarah menghasilkan langkah konsolidasi untuk network yang positif," bebernya.

IKA PMII

Amin mengatakan, IKA PMII tidak boleh absen dan terus mengambil peran dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi bangsa.

"Tidak boleh kita membiarkan lingkungan kita terpapar paham-paham radikal tentunya dengan membangun konektivitas itu," jelasnya.

Ketua IKA PMII Kota Malang Muhammad Nuruddin mengatakan, PMII tidak hanya berkutat pada bidang kemahasiswaan, tapi juga mengawal konteks kebangsaan dan kemanusiaan.

"Tanggungjawab sejarah kita adalah mengawal peradaban. Saat ini, masyarakat kita banyak kehilangan tokoh panutan. Nah, kita yang harus mengisi posisi itu," tegasnya.

IKA PMII Kota Malang, kata Gus Din, sedang mengembangkan platform digital untuk pengumpulan data base alumni PMII. Dengan begitu, akan diketahui secara menyeluruh berdasarkan kategorisasi.

IKA PMII 1

Gus Din menuturkan, IKA PMII Kota Malang adalah organisasi yang lebih bersifat paguyuban. Dengan demikian bisa memiliki corak kekeluargaan dan kebersamaan, mengedepankan perilaku kultural, serta menjunjung tinggi semangat gotong royong sebagai budaya organisasi.

Diketahui, Gus Din memimpin IKA PMII Kota Malang masa khidmat 2015-2020. Pada Muscab Ke-2 IKA PMII Kota Malang kali ini, dia kembali terpilih sebagai ketua untuk periode selanjutnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES