Peristiwa Nasional

Keterisian Tempat Tidur di RS Rujukan Covid-19 Jakarta Capai 90 Persen

Sabtu, 19 Juni 2021 - 18:26 | 23.92k
IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. (FOTO: Antara/Hafidz Mubarak)
IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. (FOTO: Antara/Hafidz Mubarak)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Keterisian tempat tidur di rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 DKI Jakarta sudah nyaris penuh. Per-hari ini, tempat tidur isolasi sudah hampir mencapai 90%. Hal itu karena pasien yang terpapar terus bertambah.

Dari data Pemprov DKI menyebutkan, ranjang isolasi di 132 rumah sakit khusus Covid-19 terisi sebesar 7.919 atau 89%. Total ada 8.924 ranjang atau tempat tidur untuk pasien menjalani isolasi di rumah sakit. Untuk jumlah tempat tidur ICU yang telah terpakai sebanyak 963 atau 81%. Total, ada 1.189 tempat tidur ICU untuk pasien.

IGD-Rumah-Sakit-Darurat-Penanganan-Covid-19-Wisma-Atlet-Kemayoran-2.jpg

Sebelumnya, hari Jumat kemarin, ketersediaan tempat isolasi untuk pasien Covid-19 masih di angka 87% atau 7.576 dari total kapasitas 8.711 bed. Dan khusus tempat tidur ICU sebesar 79% atau 942 dari 1.185 bed.

Gubernur Anies Baswedan terus melakukan berbagai cara dalam menekan Pandemi Covid-19 di DKI Jakarta. Ia pun mengajak semua masyarakat agar akhir pekan di rumah saja.

"Teman-teman, mari kita di rumah saja hari Sabtu-Minggu ini. Habiskan waktu bersama keluarga, tidak usah bepergian kecuali untuk kebutuhan yang mendesak dan pokok," katanya dalam keterangan, Sabtu (19/6/2021).

Mantan Rektor Paramadina itu menjelaskan, Jumat (18/6/2021) kemarin, angka kasus baru di Ibu Kota sudah 4700 lebih, rekor tertinggi selama pandemi. Kapasitas RS DKi Jakarta juga semakin terbatas. Oleh karena itu, ia berharap masyarakat menjaga diri agar jangan sampai tertular Covid-19.

"Kita masih pandemi, teman-teman mungkin mulai lelah/bosan dengan pembatasan, tapi virusnya tidak pernah lelah. Mari tetap sabar jalani masa pembatasan ini, sambil kita tuntaskan vaksinasinya," jelasnya.

"Sekali lagi, mari tetap di rumah saja Sabtu-Minggu ini. Semoga teman-teman tetap sehat dan terhindar dari potensi penularan Covid-19. Salam hangat untuk keluarga di rumah," ujarnya yang juga soal tempat tidur di rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 DKI Jakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES