Gaya Hidup

5 Tanaman yang Cocok untuk Hidroponik

Sabtu, 19 Juni 2021 - 17:02 | 113.28k
Pertanian hidroponik. (Foto: dok. TIMES Indonesia).
Pertanian hidroponik. (Foto: dok. TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Kebanyakan masyarakat perkotaan tak memiliki banyak ruang untuk menaman. Salah satu cara untuk bisa tetap menanam adalah membuat sistem tanaman hidroponik. Hidroponik adalah sistem tanam tanpa menggunakan tanah namun hanya menggunakan air sebagai media tanam.

Tak semua tanaman bisa ditanam dengan sistem hidroponik, apalagi dengan kondisi lahan yang sempit. Dilansir dari Instagram milik Kementrian Pertanian ada 5 jenis tanaman yang cocok ditanam dengan sistem hidroponik di lahan sempit, berikut 5 tanaman tersebut,

1. Sawi Hijau

Tanaman ini merupakan tanaman pertama yang bisa ditaman menggunakan sistem hidrponik rumah. Tentunya yang perlu diperhatikan saat menanam sawi putih dengan sistem hidroponik adalah cahaya, ketersediaan air, oksigen dan nutrisi yang cukup.

2. Sayuran Pakcoy

Sayuran yang kaya akan mineral dan vitamin ini memiliki masa panen yang pendek yakni hanya sekitar 20 hari saja setelah masa tanam. Sebelum menanam secara hidroponik, pakcoy terlebih dahulu harus disemai di media tanam tanah baru setelah tumbuh 2 sampai 3 daun kita bisa memindahkannya di hidroponik.

3. Selada

Selada mudah ditanam karena temasuk dalam sayuran yang cepat tumbuh. Biasanya selada akan tumbuh setelah 2 minggu penanaman. Menanam selada secara hidroponik akan menghasilkan tanaman yang lebih segar dan bersih.

4. Kangkung

Kangkung memiliki banyk nutrisi yang baik untuk tubuh. Tanaman yang biasa hidup di air ini adalah salah satu tanaman hidroponik yang cocok ditanam dalam jumlah besar di rumah.

5. Bawang Merah

Bukan hanya sayuran hijau, bawang merah pun bisa ditanam tanpa media tanah. Kita bisa menanamnya dengan metode sumbu.

Itulah tadi 5 rekomendasi tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik. Yuk mulai coba menanam secara hidroponik dan buat lingkungan jadi lebih hijau. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES