Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Sejumlah Guru SD Negeri di Wilayah Purwosari Positif Covid-19

Sabtu, 19 Juni 2021 - 16:03 | 45.39k
ILUSTRASI - Virus Corona. (FOTO: Pixabay)
ILUSTRASI - Virus Corona. (FOTO: Pixabay)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, GUNUNGKIDUL – Sejumlah Guru SD Negeri Karangnongko 3 di wilayah Kapanewon Purwosari Kabupaten Gunungkidul terkonfirmasi positif Covid-19. Penularan terjadi, bermula dari salah seorang guru warga setempat, yang terpapar kerabatnya yang datang dari wilayah Kabupaten Sleman.

Panewu (Camat) Purwosari, Purwono menerangkan transmisi di instansi Pendidikan Sekolah Dasar negeri ini bermula dari seorang perempuan Guru warga Giripurwo yang terpapar Covid-19, dari familinya yang silaturahmi ke kediamannya.

Pada saat bertandang, yang bersangkutan belum mengetahui bila dirinya terpapar Covid-19 lantaran sama sekali tak bergejala. Hal tersebut diketahui, saat sang anak berniat bepergian ke Kabupaten Malang, Jawa Timur. Karena perjalanan ke luar daerah harus mengantongi hasil Swab antigen. Yang bersangkutan kemudian tes namun tak menyangka bila hasil Swab dinyatakan Positif. Karena anaknya terjangkit, sang ibu yang kontak erat pun lantas turut mengikuti Swab, dan hasilnya pun juga positif.

“Orang Sleman yang terlanjur sudah silaturahmi dengan familinya (Guru) di Giripurwo itu otomatis menyampaikan jika terpapar Covid-19. Dan meminta untuk Swab, setelah di Swab di Puskesmas (Purwosari) ternyata hasilnya positif ," ujarnya.

Dari seorang perempuan Guru SD itu, penelusuran kontak erat berlanjut hingga  kolega di SD. Hasilnya dari sebanyak 7 orang Guru yang kontak erat  dan menjalani Swab tes, 4 orang dinyatakan positif. Empat orang itu merupakan Guru warga setempat, dan 1 orang Guru berdomisili di wilayah Kabupaten Bantul.

Purwono mengaku bila wilayahnya dua pekan yang lalu sempat menjadi satu-satunya Kapanewon yang nol  (0) kasus Covid 19. Namun seiring meningkatnya penyebaran Covid-19 belakangan ini, dalam sepekan terakhir terdapat kasus positif Covid 19 sebanyak 20 orang yang tersebar di tiga Kalurahan. Yakni Kalurahan Giripurwo 13 orang, Giricahyo 6 orang dan Girijati 1 orang. Penularan Covid-19 tersebut rata-rata diperoleh dari orang luar daerah Purwosari atau pelaku perjalanan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES