Peristiwa Daerah

Von Florist Buka Gallery Bunga Anggrek di Yogyakarta, Isteri Paku Alam X Beri Apresiasi

Sabtu, 19 Juni 2021 - 15:33 | 175.45k
GKBRAy Adipati Paku Alam X (baju hijau) saat melihat berbagai jenis Bunga Anggrek yang ada di Gallery Von Florist Jalan Gadjah Mada Nomor 29 Kota Yogyakarta. (FOTO: A Riyadi/TIMES Indonesia)
GKBRAy Adipati Paku Alam X (baju hijau) saat melihat berbagai jenis Bunga Anggrek yang ada di Gallery Von Florist Jalan Gadjah Mada Nomor 29 Kota Yogyakarta. (FOTO: A Riyadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Permaisuri Kadipaten Pakualaman, Yogyakarta, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam X mengapresiasi pembukaan Cabang Gallery Von Florist by Ekakarya di Kota Yogyakarta. Gallery Von Florist  adalah sebuah toko yang menjual dan menyewakan Bunga Anggrek.

Menurutnya, keputusan Von Florist, distributor Ekakarya Graha Flora Jakarta (sebuah perusahaan yang bergerak dibidang tanaman Bunga Anggrek), yang membuka gallery di Kota Yogyakarta merupakan keputusan tepat. Meski Kota Yogyakarta kotanya kecil namun perekonomian di kota ini relatif berkembang. Keberadaan Gallery Von Florist yang berlokasi di Jalan Gadjah Mada Nomor 29 Kota Yogyakarta ini dapat mewarnai toko-toko bunga yang ada di Kota Yogyakarta.

Gallery Von Florist 2Direktur Von Florist perwakilan distributor Ekakarya Graha Flora Jakarta, Yvonne Mustika Sutanto (kanan) saat menyerahkan Bunga Anggrek kepada GKBRAy Adipati Paku Alam X. (FOTO: A Riyadi/TIMES Indonesia)

“Di tengah pandemi ini, banyak ibu-ibu yang menanam bunga untuk mengisi waktu sehari-hari. Apalagi, udara Yogyakarta sangat cocok untuk tanaman anggrek,” kata GKBRAy Adipati Paku Alam X kepada wartawan disela-sela meresmikan Gallery Von Florist pada Sabtu, 19 Juni 2021.

Ia menambahkan, di tengah pandemi tidak seluruh usaha menurun. Sebaliknya, sejumlah usaha justru meningkat seperti usaha penjualan tanaman hias. Sebab, banyak anggota keluarga yang memiliki hobi baru yaitu menanam dan merawat tanaman bunga untuk mengisi waktu luang di tengah pandemi.

“Penjualan pot-pot bunga meningkat, harga tanaman juga melonjak tinggi,” terang pemilik nama asli Atika Purnomowati ini.

Direktur Von Florist perwakilan distributor Ekakarya Graha Flora Jakarta, Yvonne Mustika Sutanto mengatakan Von Florist merupakan distributor Ekakarya yang membawahi wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY. Ekakarya Graha Flora merupakan produsen tanaman Anggrek Bulan, Dendrobium, Anthurium, dan Vanda terbesar di Indonesia.

“Ekakarya by Von Florist sendiri melayani penjualan bunga anggrek bulan dan rental bunga anggrek,” kata Yvonne.

Menurutnya, spesialisasi Ekakarya by Von Florist adalah menjual bunga anggrek hidup dan rental bunga anggrek hidup untuk berbagai jenis kebutuhan. Bunga Anggrek yang dijual sendiri merupakan produk pilihan dan terdiri dari berbagai macam jenis yaitu Phalaenopsis (Anggrek Bulan), Dendrobium, Anthurium, dan Vanda.

Gallery Von Florist 3Seorang pekerja sedang melakukan perawatan Bunga Anggrek di Gallery Von Florist Jalan Gadjah Mada Nomor 29 Kota Yogyakarta. (FOTO: A Riyadi/TIMES Indonesia)

“Pembukaan gallery ini bagian dari dukungan kami terhadap pemerintah dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19,” terang Yvonne.

Perempuan asal Semarang ini menerangkan, Bunga Anggrek ini cocok digunakan sebagai birthday gift, newborn, pernikahan, promosi, graduation, kenaikan pangkat, acara opening, pesta, dekorasi ruangan yang indah, dan banyak lainnya.

“Untuk harga jual dan sewanya bervariasi,” jelas perempuan yang akrab disaba Ivon ini.

Gallery Von Florist pertama dibuka di Jalan Tri Lomba Juang No. 7 Ruko No. I.03 (Mugas) Kota Semarang, Jawa Tengah pada tahun 2017. Sedangkan Gallery Cabang pertama dibuka di Surabaya, Jawa Timur, tepatnya di Jalan Abdul Wahab Siamin Surabaya, di Ruko Villa Bukit Mas RA-11 dan di Pakuwon Mall Lt. 1 (depan Adidas, antara Excelso & New Balance) yang dibuka pada tahun 2020. Jadi, Gallery yang di Yogyakarta ini merupakan cabang yang ke-2 setelah Surabaya, Jawa Timur.

Karena pembukaan Gallery Von Florist by Ekakarya di Kota Yogyakarta masih dalam situasi pandemi Covid-19, manajemen Von Florist menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19. Panitia juga sudah mengantongi ijin dari Satgas Covid-19 . Sebelum memasuki area acara, tamu undangan yang hanya berjumlah belasan orang terlebih dahulu dilakukan cek suhu tubuh, tamu dan panitia wajib menggunakan masker selama berada di lokasi acara, saling menjaga jarak, cuci tangan/memakain hand sanitizer dan sebelum acara dimulai juga telah dilakukan penyemprotan disinfektan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES