Olahraga

Sejarah Hari Ini: 19 Juni, Italia Raih Piala Dunia yang Kedua

Sabtu, 19 Juni 2021 - 16:06 | 58.73k
Tim Gli Azzurri Italia, yang meraih gelar juara Piala Dunia 1938 di Prancis. (foto: fifa)
Tim Gli Azzurri Italia, yang meraih gelar juara Piala Dunia 1938 di Prancis. (foto: fifa)

TIMESINDONESIA, JAKARTASejarah hari ini akan membahas sejarah sepakbola dunia. Pada 9 Juni 1938, tim Azzurri Italia menjadi juara Piala Dunia 1938. Gelar juara dunia kedua Italia ini diraih berkat kemenangan 4-2 atas Hunggaria di partai final yang digelar di Olympique Yves-du-Manoir, Paris.

Dikutip dari Goal.id, Italia yang empat tahun sebelumnya meraih juara dunia pertamanya dengan mengalahkan Cekoslovakia 2-1 tampil dengan tim berbeda di Piala Dunia 1938 di Prancis. Gli Azzurri hanya mempertahankan sang kapten Giuseppe Meazza dan sang pelatih Vittoria Pozzo.

Dipertandingan ini, Silvio Piola, legenda Lazio ini sukses mencetak sepasang gol untuk membawa La Nazionale menang telak lewat skor 4-2.

Usai duel seru tersebut, kiper Hungaria, Antal Szabo, membuat pernyataan mencengangkan dengan mengaku membiarkan empat gol Italia bersarang di gawangnya.

"Saya mungkin telah membiarkan empat gol bersarang di gawang saya, tapi setidaknya saya telah menyelamatkan nyawa mereka (penggawa Italia)," ungkap Szabo.

Rumor kemudian berhembus bahwa Mussolini telah mengirimkan sebuah telegram pada seluruh penggawa Italia yang bertuliskan, "Vincere o morire!", atau secara harafiah, "Menang atau mati!". Pada kenyataannya frase itu dipaksakan artinya menjadi, "Lakukan yang terbaik!".

Secara total, Italia telah empat kali meraih gelar Piala Dunia, yakni 1934, 1938, 1982 dan 2006. Saat ini Italia yang dilatih Roberto Mancini tengah bertarung di Euro 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES