Glutera News

Mencerahkan Kulit dengan Cara Mandi yang Tepat, Ini Tips dari Glutera

Sabtu, 19 Juni 2021 - 13:47 | 77.42k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mandi sudah menjadi rutinitas yang dilakukan. Idealnya mandi dilakukan dua kali dalam satu hari. Pagi saat bangun tidur, mandi dapat berfungsi menyegarkan tubuh setelah tidur selamaman. Tak dipungkiri, meski tidur, minyak, keringat dan kotoran akan menempel di badan. 

Sedangkan saat sore, mandi juga dapat mengembalikan kesegaran tubuh setelah lelah seharian beraktivitas. Tentunya banyak kotoran yang menempel di badan setelah beraktivitas. 

Meski rajin mandi, tidak serta-merta akan membuat kulit Anda jadi sehat saat itu juga. Namun, cara mandi yang benar dapat menyingkirkan kotoran serta sel-sel kulit mati sehingga kulit Anda terlihat lebih putih dan bersih.

Berikut adalah sederet cara mandi yang benar agar memiliki kulit yang sehat tampak putih.

1. Mandi dengan air dingin

Apabila Anda ingin memiliki kulit yang putih berkilau, solusinya adalah mandi dengan air dingin. Mandi air dingin dapat mempersempit pembuluh darah sementara pada kulit sehingga memperkecil pori-pori dan mengurangi kemerahan pada kulit.
Pori-pori yang menutup juga dapat mencegah kotoran tidak mudah masuk. Kotoran adalah penyebab utama kulit kusam. Kulit yang senantiasa bersih dari kotoran akan membuat Anda tampak lebih putih dan cerah.

Glutera body

2. Menggosok kulit sebelum mandi

Menggosok kulit sebelum mandi adalah cara sederhana untuk memutihkan kulit yang kusam. Proses ini akan menghilangkan lapisan sel kulit mati. Kulit pun dapat beregenerasi dan lapisan teratasnya selalu diisi oleh sel-sel baru yang sehat.

Gunakan sikat penggosok yang terbuat dari serat alami. Pilihlah sikat dengan gagang panjang yang bisa menjangkau seluruh tubuh Anda. Setelah itu, ikuti langkah berikut.

• Mulailah menggosok dari telapak kaki, lalu bergerak ke atas.

• Gosok kulit Anda dengan gerakan memutar lebar searah jarum jam.

• Gosok dengan lembut pada kulit yang tipis, dan berikan sedikit tekanan pada kulit yang lebih tebal (misalnya telapak kaki). Hindari kulit yang mengalami ruam, terluka, atau terkena infeksi.

• Setelah menggosok seluruh bagian kaki, gosok seluruh lengan hingga ketiak.

• Begitu Anda selesai menggosok seluruh bagian tubuh, mandilah dengan air dingin untuk menghilangkan lapisan kulit mati.

3. Memilih produk perawatan yang tepat

Banyak orang fokus mencari cara mandi yang benar agar kulit tampak putih, tapi tidak memerhatikan produk yang digunakan. Padahal, produk tertentu dapat membuat kulit cepat kering, mengelupas, hingga menumpuk sehingga menyebabkan kulit kusam.

Beberapa produk lainnya bahkan dapat menyebabkan iritasi dan bersifat racun bagi kulit. Inilah pentingnya memerhatikan kandungan produk yang Anda gunakan.

4. Hindari mandi dengan air hangat terlalu lama

Mandi dengan air hangat memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, mandi air hangat terlalu lama dapat menghilangkan minyak alami dari kulit sehingga kulit tampak kusam. Kotoran pun dapat memasuki pori-pori yang terbuka.

Jika Anda ingin mandi dengan air hangat, jangan melebihi 5-10 menit. Hindari pula mandi dengan air terlalu panas. Setelah 10 menit, bilas tubuh Anda dengan air bersuhu suam-suam kuku dan segera keringkan dengan handuk. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES