Peristiwa Daerah

Seribu Lebih Pendonor Darah di PMI Banyumas Terima Penghargaan

Sabtu, 19 Juni 2021 - 13:28 | 36.75k
Sabar Jatmiko, pendonor yang sudah mendonorkan darahnya melalui PMI Banyumas lebih dari 75 kali secara simbolik menerima penghargaan dari PMI yang diserahkan Asisten Pemerintahan dan Kesra Banyumas, Didi Rudwianto, Sabtu (19/6/2021)
Sabar Jatmiko, pendonor yang sudah mendonorkan darahnya melalui PMI Banyumas lebih dari 75 kali secara simbolik menerima penghargaan dari PMI yang diserahkan Asisten Pemerintahan dan Kesra Banyumas, Didi Rudwianto, Sabtu (19/6/2021)

TIMESINDONESIA, BANYUMAS – Memperingati Hari Donor Sedunia, Palang Merah Indonesia (PMI) Banyumas, Jawa Tengah menyelenggarakan acara donor darah dan penyerahan penghargaan kepada 1.161 pendonor.

Para pendonor yang menerima penghargaan dari PMI adalah mereka yang sudah mendonorkan darahnya sebanyak 25 kali, 50 kali dan 75 kali. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Bupati Banyumas Achmad Husein yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Banyumas Didi Rudwianto di Pendapa Wakil Bupati Banyumas, Sabtu (19/6/2021).

Ketua PMI Kabupaten Banyumas Sadewo Tri Lastiono dalam laporannya yang disampaikan Wakil Ketua I Dibyo Yuwono menyebutkan data tahun 2020, pendonor yang sudah mendonorkan darahnya melalui PMI Banyumas sebanyak 25 kali ada 889 orang, sebanyak 50 kali ada 194 orang dan yang 75 kali sebanyak 78 orang. Jumlah pendonor darah tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.

Menurut dia, PMI melalui Unit Donor Darah (UDD) selalu berupaya memenuhi kebutuhan darah masyarakat baik kuantitas maupun kualitas. Secara kuantitas produksi darah selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahunnya menyesuaikan dengan permintaan masyarakat.

Ia menambahkan PMI Kabupaten Banyumas dapat memenuhi kebutuhan darah untuk 3-5 hari. Dalam perannya pada penanganan Covid-19, UDD PMI Banyumas merupakan salah satu dari tiga UDD di Jawa Tengah yang bisa menyediakan plasma konvalesen.

''UDD PMI Banyumas telah memproduksi 1.374 plasma konvalesen (PK) yang dibutuhkan oleh 1.161 pasien Covid-19. Pencapaian itu berkat dukungan Bupati Banyumas dan lintas sektor,'' ujarnya.

Kebutuhan PK Naik

Sadewo menambahkan kebutuhan darah PK sedang mengalami kenaikan. Kenaikan kebutuhan plasma tersebut,terjadi pasca lebaran.  Saat ini ada 55 pasien dengan kebutuhan 102 kantong yang masih menunggu antrian untuk mendapatkan plasma di PMI Banyumas. Kebutuhan darah tersebut sebagian besar dari luar Banyumas.

Ketua PMI Banyumas mengatakan berbagai upaya telah dilakukan guna merekrut donor plasma. Yaitu berkoordinasi dengan beberapa instansi kepolisian, BUMN, ponpes, perguruan tinggi, dan RS dalam perekrutan donor plasma.

Melakukan sosialisasi di tempat karantina Pondok Slamet dan Diklat Baturraden, menghubungi penyintas Covid-19 yang sudah sembuh yang berasal dari data penyintas covid dari tempat karantina dan puskesmas.

''Namun upaya tersebut  belum berhasil maksimal. Untuk itu, PMI selalu mengharapkan dukungan Bupati dan tentu semua instansi di lingkungan Pembak Banyumas agar memotivasi pegawainya jika ada yang telah sembuh dari Covid-19 untuk mendonorkan plasmanya,'' harap Sadewo.

Sementara Bupati Banyumas Achmad Husein dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Didi Rudwianto menyampaikan terima kasih kepada warga masyarakat yang telah secara sukarela mendonorkan darahnya melalui PMI.

''Saya berharap masyarakat akan terus mendonorkan darahnya. Darah yang disumbangkan melalui PMI sangat bermanfaat bagi orang lain. Demikian juga penyintas Covid-19, diharapkan mendonorkan plasma konvalesen yang saat ini sangat dibutuhkan. Sudah saatnya mantan penderita Covid-19, menjadi pahlawan,'' ajak Bupati.

Sabar Jatmiko pendonor darah yang menerima penghargaan karena sudah mendonorkan darahnya 75 kali menyatakan donor darah itu sehat sehingga warga masyarakat tak perlu takut mendonorkan darahnya.

''Ayo donor darah.Saya akan terus mendonorkan darahnya sampai saya dinyatakan tak bisa lagi berdonor. Saat ini saya sudah 83 kali donor darah,'' ajak Sabar asal Susukan, Banjarnegara yang selalu mendonorkan darahnya di PMI Banyumas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES