Pemerintahan

Relawan Minta Tiga Periode, Presiden RI Jokowi Ogah

Sabtu, 19 Juni 2021 - 13:14 | 81.26k
Presiden RI Jokowi. Ia menyatakan tetap pada jalur konstitusi dan menolak Presiden tiga periode. (FOTO: Setkab RI)
Presiden RI Jokowi. Ia menyatakan tetap pada jalur konstitusi dan menolak Presiden tiga periode. (FOTO: Setkab RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jubir Presiden RI Jokowi, yakni Fadjroel Rachman akhirnya buka suara soal wacana relawan yang mendukung Jokowi-Prabowo Subianto atau JokPro 2024. Fadjroel menyampaikan, Kepala Negara tetap pada amanat konstitusi dan menolak sebagai Presiden tiga periode.

"Presiden Joko Widodo tegak lurus konstitusi UUD 1945 dan setia terhadap reformasi 1998," ujar Fadjroel, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/6/2021).

Diketahui, pasal 7 UUD 1945 amandemen ke-1 berbunyi, "Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatannya selama masa lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan."

Fadjroel menyampaikan, Presiden Jokowi sudah menegaskan dan menolak untuk mencalonkan menjadi orang nomer satu di Indonesia sudah beberapa kali.

Diketahui beberapa bulan lalu, Presiden RI Jokowi sudah menegaskan secara langsung, dirinya tak setuju apalagi ada aturan Presiden tiga periode. Pasalnya, kata dia, hal itu bertentangan dengan konstitusi.

“Apalagi yang harus saya sampaikan? Bolak-balik ya sikap saya tidak berubah,” ujar Presiden dalam pernyataannya di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (15/3/2021) lalu.

Kepala Negara juga menegaskan sama sekali tak memiliki niat untuk menjadi presiden tiga periode. Undang-Undang Dasar 1945 telah mengatur masa jabatan presiden selama dua periode yang tentunya harus dipatuhi bersama.

“Saya tegaskan, saya tidak ada niat. Tidak berminat juga menjadi Presiden tiga periode. Konstitusi mengamanatkan dua periode. Itu yang harus kita jaga bersama-sama,” ujar

Sebelumnya, Relawan JokPro 2024 direncanakan akan membentuk sekretariat pada Sabtu (19/6/2021) bertempat di kawasan Mampang, Jakarta Selatan.

M Qodari, pelantang gagasan Jokowi 3 periode, mengatakan organisasi itu merupakan wadah dari beberapa pihak yang menyambut baik gagasan tersebut. Diketahui, gagasan itu juga sempat dilontarkan Qodari pada Februari-Maret lalu.

"Organisasi ini merupakan wadah dari berbagai pihak yang menyambut ide dan gagasan yang saya lontarkan di beberapa media, pada Februari-Maret 2021," ujar soal Presiden tiga periode. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES