Indonesia Positif

TMMD 111 Banyuwangi, Peran Serta TNI Membangun Indonesia

Sabtu, 19 Juni 2021 - 13:33 | 24.30k
Dansatgas TMMD 111 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto turun ke lokasi pembangunan. (FOTO: Agung Sedana/TIMES Indonesia)
Dansatgas TMMD 111 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto turun ke lokasi pembangunan. (FOTO: Agung Sedana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Tidak hanya sebagai pelindung bangsa dari ancaman luar, TNI juga memiliki peran dan turut serta dalam membangun Indonesia. Melalui program TMMD 111 Banyuwangi, ratusan tentara diterjunkan berjibaku dengan material bangunan membangun pedesaan di wilayah Banyuwangi, Jawa Timur.

Dansatgas TMMD 111 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto mengatakan bahwa TMMD merupakan bentuk program untuk membangun infrakstruktur dan mempersatukan NKRI. Bersama masyarakat, TNI bergotong royong membangun Indonesia dari tingkat desa.

"TMMD ini bertujuan untuk membangun Desa serta memperkuat perekonomian warga. Seperti memperbaiki jalan dan rumah, serta sarana fasilitas umum,” kata Dansatgas TMMD 111 Banyuwangi, Sabtu (19/6/2021).

Menurutnya, awal pembangunan jembatan penghubung tiga kecamatan dan ratusan meter jalan di Desa Kebaman, Kecamatan Srono ini, bermula dari harapan masyarakat sekitar. Sejak lama, masyarakat di kawasan tersebut mendambakan sebuah jalan pintas dan layak.

Masyarakat setempat mengeluhkan soal akses jalan yang sulit bahkan mustahil untuk dilalui kendaraan. Untuk menuju pasar, mereka harus memutar arah dan melalui medan yang cukup sulit. Selain itu, akses keluar masuk dusun juga sulit. Apalagi, saat harus mengangkut hasil pertanian.

"TMMD 111 Banyuwangi ini membangun infrastruktur desa. Disini akan dibangun jembatan penghubung dan juga pavingisasi jalan," katanya.

Sebab itu, dirinya bergegas menggenjot proses pembangunan agar cepat selesai. Agar bisa dinikmati dan bermanfaat bagi masyarakat. Terutama bagi mereka yang mengakses jalan untuk laju perekonomiannya.

Sementara itu, Wakidi (74) seorang petani sekitar mengaku senang dan merasa terbantu dengan adanya TMMD di desanya. Dirinya dan warga lainnya sangat berterimakasih kepada jajaran anggota TNI yang telah mengabdikan dirinya kepada masyarakat sepertinya.

"Terimakasih. Biasanya saya harus ekstra hati-hati saat mengangkut hasil sawah lewat jalan ini. Namun setelah ini pastinya gampang. Tidak sabar menunggu jadi," kata kakek tua tersebut.

TMMD 111 Banyuwangi juga menyasar program renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pelebaran jalan, perbaikan rumah ibadah dan MCK. Serta, pembangunan fasilitas umum dan pembangunan SDM masyarakat desa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES