Kuliner

Hidangan Tinggi Serat dan Rendah Lemak, Ini Resep Sayur Oyong

Sabtu, 19 Juni 2021 - 05:25 | 126.38k
Ilustrasi - Salah satu menu masakan olahan Oyong/Gambas campur telur. (Foto: haibunda)
Ilustrasi - Salah satu menu masakan olahan Oyong/Gambas campur telur. (Foto: haibunda)

TIMESINDONESIA, JAKARTAOyong adalah sayuran yang juga disebut gambas. Sayuran ini termasuk sayuran sehat karena tinggi serat dan konon dapat menurunkan berat badan.

Oleh karena itu hidangan ini dirasa sangat cocok untuk siapapun yang ingin program diet. Dalam pengolahannya, oyong sering ditemui pada olahan sayur bening.

Akan tetapi, tidak sedikit saat ini yang menginovasinya dengan tumis. Oyong bukan merupakan masakan yang baru-baru saja, melainkan telah dikenal sejak lama.

Bahkan konon, dengan ditumis seperti saat ini membuat anak kecil juga menyukai sayuran tersebut. Bentuk oyong atau gambas adalah lonjong, bertekstur, dan berwarna hijau.

Kali ini akan dibagikan sedikit resep dalam membuat oyong telur. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain empat buah oyong atau gambas pilihan, satu butir telur ayam, dua siung bawang putih yang sudah digeprek, air dan gula yang cukup. Begini langkah-langkah pembuatannya: 

1. Kupas oyong yang akan dimasak. Kemudian cuci hingga bersih, lalu dipotong-potong mengikuti selera masing-masing.

2. Panaskan minyak untuk menumis bawang putih sampai harum. Masukkan telur, kemudian untuk menghilangkan bau amisnya, tumis bersama bawang putih. 

3. Masukkan air secukupnya dan oyong yang sudah dipotong-potong. Setelah dimasukkan, tambahkan gula dan garam secukupnya, lalu masak hingga mendidih. Agar tidak terlallu lembek, maka jangan dimasak terlalu lama. 

4. Cicipi rasanya, jika sudah dirasa pas angkat dan sajikan. 

Itulah cara mengolah oyong atau sayuran gambas yang bisa dicoba sebagai referensi lain yang lebih menarik agar tetap rajin mengonsumsi sayuran. Selamat mencoba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES