Peristiwa Daerah

Tumbuhkan Minat Baca Siswa, Pemkot Banjar Gelar Lomba Bercerita

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:28 | 27.31k
Wali Kota Banjar membunyikan gong simbol pembukaan lomba bercerita di aula Somahna Bagja Dibuana (Foto: Susi/TIMES Indonesia)
Wali Kota Banjar membunyikan gong simbol pembukaan lomba bercerita di aula Somahna Bagja Dibuana (Foto: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Belum tumbuhnya minat baca di kalangan siswa menjadi perhatian Pemkot Banjar. Padahal, kebiasaan membaca merupakan hal penting untuk mengasah wawasan dan daya pikir siswa di masa depan.

Hal ini membuat Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Banjar menggelar Kegiatan sosialisasi budaya baca dan literasi pada satuan pendidikan dasar dan pendidikan khusus serta masyarakat.

Lomba Bercerita 2Fatin, seorang siswa SD tengah membawakan cerita Situ Bagendit (Foto: Susi/TIMES Indonesia)

Caranya melalui acara lomba bercerita (story telling) tahun 2021 yang bertempat di aula Somahna Bagja Dibuana kantor Sekretariat Daerah Kota Banjar, Jumat (18/6/ 2021).

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Banjar mengatakan, Nia Kania mengatakan bahwa kegiatan story telling kali ini diperuntukkan bagi siswa SD/MI se-Kota Banjar dengan tujuan utamanya untuk meningkatkan kemampuan minat baca dan menggali potensi siswa untuk bercerita.

 "Kegiatan ini diikuti oleh 16 siswa SD/MI Se-Kota Banjar," cetusnya.

Sementara itu, Bunda Literasi Kota Banjar, Elis Kartini Nana Suryana menuturkan kegiatan seperti ini akan menciptakan masyarakat Kota Banjar yang cerdas, memiliki kegemaran dan minat baca yang tinggi.

Selain itu Elis Kartini mengajak siswa dan masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan.  "Perpustakaan adalah pintu gerbang pengetahuan," ujarnya.

Lomba Bercerita 3Dewan Juri Lomba Bercerita tengah menilai penampilan salah satu peserta (Foto: Susi/TIMES Indonesia)

Kegiatan ini juga diharapkan mampu memupuk kemampuan siswa dalam menulis. Menurutnya, menulis merupakan salah satu aktivitas yang cukup sulit. Dikatakannya, tidak setiap orang mampu menuangkan gagasan dan ide ke dalam bentuk tulisan.

Sementara itu, Wali Kota, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., menuturkan, bercerita merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Pada masa ini bercerita sebagai media membentuk imajinasi untuk tumbuh kembang anak agar menjadi pribadi yang imajinatif saat dewasa nanti.

"Banyak upaya yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan minat baca dan minat berliterasi, salah satunya seperti kegiatan pada hari ini, yaitu story telling," katanya.

"Harapan saya melalui kegiatan ini, bisa menginspirasi anak-anak Kota Banjar agar meningkatkan minat dan kemampuanya dalam berliterasi," pungkas orang nomor satu di Pemkot Banjar tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES