Kesehatan

4 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Sabtu, 19 Juni 2021 - 01:06 | 85.04k
Buah kurma. (Foto: unsplash.com)
Buah kurma. (Foto: unsplash.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTABuah kurma merupakan salah satu buah yang memiliki rasa manis serta memiliki banyak manfaat. Ya, buah kurma sendiri memiliki banyak manfaat karena kayanya kandungan nutrisi di dalamnya.

Dalam buah kurma sendiri mengandung banyak nutrisi yang penting seperti kalium, magnesium, fosfor, zinc, mangan, dan selenium. Hal ini juga yang menyebabkan kurma sendiri dipercaya sebagai mineral penting yang bekerja dalam fungsi kekebalan tubuh dan pencegahan kanker.

Tentunya sesuai dengan kandungan nutrisi yang ada didalam buah kurma, buah kurma juga bisa membantu mencegah kerusakan sel, dan memiliki sifat antiperadangan. Itu hanyalah baru sedikit dari manfaat buah kurma.

Nah, melansir dari berbagai sumber kali ini TIMES Indonesia akan berbagi manfaat buah kurma untuk kesehatan yang wajib kalian tahu.

1. Mencegah sembelit

Buah kurma sendiri merupakan buah yang tinggi akan serat. Terdapat sebuah penelitian yang mengetahui bahwa dengan mengonsumsi kurma maka dapat memperlancar pencernaan, salah satunya membantu proses buang air besar yang berdampak pada mencegahnya sembelit.

2. Mengontrol gula darah

Selain untuk mencegah sembelit, ternyata serat yang ada pada buah kurma sendiri juga membantu untuk mencegah kadar gula darah yang meningkat saat setelah makan. Ini terjadi karena buah kurma yang bisa mengontrol gula darah itu disebabkan indeks glikemik yang rendah dan juga berfungsi sebagai antioksidan, mungkin ini juga alasan kenapa saat berbuka puasa dengan yang manis-manis kita dianjurkan untuk mengonsumsi kurma juga.

3. Mencegah alzheimer

Ada studi laboratorium yang menemukan bahwa buah kurma memiliki manfaat untuk menurunkan tanda-tanda peradangan. Contohnya seperti interleukin 6 (IL-6) yang terdapat di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penurunan fungsi saraf, seperti salah satunya alzheimer.

4. Alternatif pengganti gula

Buah kurma sendiri juga bisa menjadi alternatif pengganti asupan gula loh. Hal ini bisa terjadi dikarenakan buah kurma sendiri merupakan buah sumber fruktosa, ini adalah sejenis gula alami yang terkandung dalam buah. Namun jangan keliru juga ya, jangan malah mengonsumsi buah kurma berlebihan karena akan menambah asupan kalori yang akan menyebabkan penambahan berat badan.

Nah itu barusan adalah 4 manfaat buah kurma yang wajib kalian ketahui untuk kesehatan tubuh kalian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES