Pemerintahan

IGA 2021, Pemkab Majalengka Kejar Target Jadi Kabupaten Paling Inovatif

Jumat, 18 Juni 2021 - 15:10 | 34.59k
Bupati Majalengka, Karna Sobahi menghadiri kegiatan sosialisasi Road Map penguatan sistem inovasi daerah Kabupaten Majalengka 2021-2023. (Foto: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)
Bupati Majalengka, Karna Sobahi menghadiri kegiatan sosialisasi Road Map penguatan sistem inovasi daerah Kabupaten Majalengka 2021-2023. (Foto: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Kemendagri melalui Badan Litbang setiap tahun menggelar Innovative Goverment Award (IGA) sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara yang inovatif.

Bupati Majalengka, Karna Sobahi menyebutkan, di ajang IGA tahun 2020 lalu Kabupaten Majalengka telah berhasil mendapat peringkat ke-14 secara Nasional. Tentunya pada ajang IGA di tahun 2021 ini pihaknya berharap hasil penilaian IGA semakin naik peringkatnya.

"Target kita membidik 5 besar atau minimalnya 10 besar nasional kategori kabupaten," ujar Bupati Majalengka, Karna Sobahi, Jumat (18/6/2021).

Jika nanti dengan masuknya Kabupaten Majalengka ke dalam nominasi 10 besar, maka pemerintah pusat akan memberikan reward berupa Dana Insentif Daerah (DID) yang dapat dipergunakan untuk pembangunan.

Sementara, peringkat indeks inovasi untuk Kabupaten Majalengka di tahun 2019 lalu, masuk pada ketegori kabupaten tidak inovatif. Hal tersebut ditandai Kabupaten Majalengka berada pada peringkat ke-322 secara nasional.

sosialisasi-Road-Map.jpg

Namun demikian, Karna memandang, peringkat tidak inovatif tersebut telah menyadarkan bahwa ternyata inovasi-inovasi yang telah Pemda Majalengka lakukan belum terlaporkan secara utuh.

Menyikapi hal tersebut, kemudian menjadi lecutan untuk bekerja lebih keras lagi dan berbuah hasil di tahun 2020. Dari 27 kab/kota di Jawa Barat hanya ada 3 Kota yang masuk peringkat kab/kota sangat inovatif dan Majalengka berada pada ranking 2 di bawah Kabupaten Bogor.

Sementara, dalam skala nasional Kabupaten Majalengka mendapat raihan peringkat ke-14 dari 508 kab/kota se-Indonesia dengan predikat kabupaten sangat inovatif. "Pengungkit indeks inovasi daerah setidaknya ada 4 model inovasi yang harus dihasilkan. Pertama, yaitu inovasi yang berkaitan dengan pengembangan E-Goverment. Kemudian inovasi berkaitan dengan percepatan penangangan Covid-19. Selanjutnya inovasi yang berkaitan dengan penanggulangan kemiskinan dan yang terakhir yaitu inovasi berkaitan dengan pengembangan pariwisata," jelas Bupati. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES