Kesehatan

Tips Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Jumat, 18 Juni 2021 - 07:37 | 58.64k
Ilustrasi ibu mengajari anak gosok gigi (Foto : Myhealthtime.ie)
Ilustrasi ibu mengajari anak gosok gigi (Foto : Myhealthtime.ie)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi hal yang penting. Tidak hanya penting untuk menjaga estetika, kesehatan dua organ ini akan berpengaruh pada kesehatan seluruh tubuh manusia.

Beriktut Tips menjaga kesehatan gigi dan mulut agar gigi tambah kuat dan sehat ala Juanita Matkhurotin, Tenaga ahli Maddya Kesehatan Gigi Kabupaten Jombang.

Tips Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut bJuanita Matkhurotin, Tenaga ahli Maddya Kesehatan Gigi Kabupaten Jombang (Foto : Juanita Matkhurotin For TIMES Indonesia)

1. Memilih pasta gigi dan sikat gigi

Selain Menyikat gigi secara teratur, kita harus pandai memilih pasta gigi yang mengandung fluoride, berguna untuk memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang. Begitupun juga sikat gigi untuk lebih memilih yang ujung lonjong kecil dan berbulu halus untuk bisa menjangkau area sudut gigi yang paling belakang.

2. Membersihkan sela sela gigi dengan benang gigi

Biasanya selain sudah sikat gigi dengan teratur, masih ada kotoran yang menyelip disela-sela gigi, bisa berupa daging atau sayur yang tidak bisa hilang hanya dengan menyikat gigi, maka dianjurkan untuk dibersihkan bagian sela sela gigi dengan menggunakan benang atau alat namanya Dental Floss.

3.Jangan merokok

Sebagian besar banyak orang yang menyukai merokok terutama pada pria, disamping panasnya rokok bisa membuat gigi terus terusan kena panas sehingga bisa berubah warna, juga menyebabkan gigi menjadi kotor karena banyak nikotin yang menempel sehingga gigi kadang berwarna hitam dan menyebabkan bau mulut serta memicu radang gusi.

4.Berkumur dengan obat kumur secara rutin

Masih banyak orang yang tidak mengetahui manfaat dari berkumur dengan mouthwash, selain mudah untuk dilakukan juga bisa membersihkan gigi dan membantu mengurangi bau mulut, sehingga nafas menjadi segar.

Empat tips ini bisa dilakukan TIMES Lovers dirumah agar gigi lebih terawat dan sehat.

Selain empat tips tersebut, TIMES Lovers juga menjaga kebersihan gigi dan mulut sangatlah penting, disamping menyikat gigi secara teratur 2 kali sehari setelah makan pagi dan malam sebelum tidur juga harus rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Dengan tujuan untuk bisa mengetahui kesehatan gigi kita secara berkala, apakah dalam mulut kita ada penyakit gigi, lubang gigi,karang gigi, atau tambalan gigi yang bocor atau rusak, sehingga bisa segera ditangani sedini mungkin, sehingga gigi tidak sampai rusak parah dan tidak sampai berakhir dengan pencabutan gigi, jadi menjaga gigi selama mungkin berada di dalam mulut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES