Politik

Ada Dua Parpol Baru Sudah Memiliki Kepengurusan di Bontang, Partai Apa Itu?

Kamis, 17 Juni 2021 - 15:49 | 30.23k
Kepala Bidang (Kabid) Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Kesbangpol Bontang, Marwati (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)
Kepala Bidang (Kabid) Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Kesbangpol Bontang, Marwati (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Saat gelaran Pemilu lalu, jumlah partai politik yang ikut dalam kontestasi pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan kepala daerah di Kota Bontang sebanyak 14 Partai politik (Parpol).

Namun, berdasarkan data dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bontang ada 2 Parpol tambahan yang kini mendaftarkan diri. Sehingga total 16 Parpol telah memiliki kepengurusan di Kota Bontang.  

Tambahan 2 Parpol tersebut menurut Kepala Bidang (Kabid) Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Kesbangpol Bontang, Marwati telah memiliki kepengurusan.

2 Parpol yang baru melapor tersebut adalah Partai Ummat dan Partai Gelora. Lanjut dikatakan Marwiah saat ini keduanya telah memberikan dokumen kelengkapan kepengurusan di Kota Taman.

"Kalau ada yang baru lagi harus melapor karena kami sebagai pembina partai politik di Kota Bontang dan juga surat keterangan dari Kesbangpol untuk rujukan membuat SK dari Kemenkumham," sebut Marwati kepada TIMES Indonesia, Kamis, 17/06/2021.

Lanjutnya, usai mendaftarkan keanggotaan di Kemenkumham, Parpol yang berdomisili di Kota Bontang hendaknya melapor kembali agar didaftarkan dalam data Kesbangpol Bontang.

"Setelah partai politik tersebut lolos verifikasi dipusat harus melapor kembali ke Kesbangpol," tambahnya.

Dikatakan pulasurat keterangan yang diberikan kepada Parpol tidak memiliki masa berlaku seperti surat keterangan yang diberikan kepada organisasi masyarakat (Ormas).

"Kalau ormas masa berlaku surat keterangan terdaftarnya selama 5 tahun sedangkan untuk parpol tidak ada masa berlakunya," sebut Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Kesbangpol Bontang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES