Wisata

Mall Bunga Kota Batu, Wisata Sehat dengan Pembayaran Digital

Rabu, 16 Juni 2021 - 20:03 | 70.39k
Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi saat berbelanja di Mall Bunga Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi saat berbelanja di Mall Bunga Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Ada destinasi wisata baru di Kota Batu, hari ini (16/6/2021) Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi meresmikan Mall Bunga di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Seperti apa Mall Bunga Kota Batu yang konon membikin sehat ini.

Ditempat ini, wisatawan bisa berbelanja bunga sepuas mungkin. Sambil berjalan kaki membawa troli dan merasakan kehangatan sinar matahari di Kota Wisata Batu, wisatawan tinggal memilih dan mengambil sendiri bunga yang dipilihnya.

Kalau cocok, tinggal mengangkut, tinggal ambil bunga kemudian memasukkan ke troli. Tidak perlu membawa uang tunai di kebun ini, Anda tinggal scan barcode, klik bayar, transaksi pun selesai.

“Jangan dibayangkan Mall Bunga itu ada bangunan besar yang megah, kita memanfaatkan perkebunan Bunga yang sudah ada, kemudian kita lengkapi sarana prasarana belanjanya, seperti menyiapkan troli untuk para pembeli, kemudian transaksi juga melalui uang elektronik,” ujar Kepala Desa Sidomulyo, Suharto.

Dra Hj Dewanti mencoba langsung berbelanja di Mall Bunga ini. Ia merasakan sensasi yang berbeda dengan berbelanja bunga. Selain lebih leluasa dalam memilih bunga, wali kota mengatakan wisata belanja bunga di Mall Bunga ini bikin sehat.

“Satu-satunya di Indonesia ada di Kota Batu, yang jelas ini memanjakan orang-orang yang mempunyai hobi untuk berkebun, menjadikan rumahnya indah ini adalah surganya, tidak usah membawa uang banyak-banyak karena cukup hanya di barcode, kemudian sudah bisa membayar,” ujar wali kota.

Apa lagi, kata Dra Hj Dewanti, para konsumen dimanjakan karena sudah ada sarana prasarana berbentuk kereta keranjang yang membuat tidak berat mengangkatnya, tinggal mendorong menuju mobil.

“Apalagi kita disini bukan hanya belanja tapi juga olahraga berjalan sambil berjemur seperti ini akan menambah sehat,” ujar Dra Hj Dewanti. Ia berpesan agar para petani melayani dengan keramahtamaan dan harganya harus stabil, kalau bisa lebih murah ketimbang di tempat yang lain.

Ia mengapresiasi Pemerintah Desa Sidomulyo dan Dinas Pariwisata yang mengembangkan Mall Bunga ini. Terlebih tidak banyak modal yang dikeluarkan, karena memanfaatkan potensi yang sudah ada, tinggal menambahkan sarana prasarana.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Drs Arief As Siddiq SH MH mengatakan Mall Bunga ini adalah wisata yang sangat luar biasa yang tidak akan ditemukan di tempat lain.

“Potensi seperti ini tentu tidak dimiliki daerah lain, Dinas Pariwisata memfasilitasi dengan berbagai sarana prasarana kemudian pembinaan kelembagaan pengelolaan Desa wisata sehingga bisa terus berkembang terus berkelanjutan kemudian memberikan dampak positif yaitu perdagangan masyarakat,” ujarnya.

Tidak kalah penting, Dinas Pariwisata akan meningkatkan pengembangan SDM, termasuk didalamnya lembaga kesenian yang ada di desa, sehingga bisa menyajikan kesenian tradisional untuk hiburan wisatawan.

Kepala Bank Jatim Cabang Batu, Theresia Wiwin Ermawati menjelaskan bahwa mendampingi petani bunga untuk mengoperasikan uang digital. Pembayaran menggunakan Jatimcode QRIS Merchant yang merupakan layanan yang disediakan Bank Jatim.

“Kita sudah berada di era digitalisasi, jadi kita member basisnya non tunai jadi itu pakai barcode yang dikalungkan para petani, jadi nanti tinggal pakai M-bankingm bank mana pun bisa menggunakan m-banking juga memakai vintage vintage seperti Go Pay di sini itu bisa, jadi tinggal di-scan saja di situ otomatis sudah langsung terbayarkan,” ujar wanita yang akrab dipanggil Titi dalam peresmian Mall Bunga Kota Batu ini.

Ia menjelaskan bahwa aplikasi yang digunakan adalah produk dari Bank Indonesia untuk seluruh bank. “Bisa menggunakan m-banking seluruh bank bukan hanya yang punya rekening Bank Jatim saja,” ujarnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES