Ekonomi

Lawan Covid-19 di Bangkalan, Anggota DPRD Jatim Sumbang APD hingga Gagas Rumah Sehat

Rabu, 16 Juni 2021 - 18:37 | 26.32k
Anggota DPRD Jatim fraksi Gerindra, Abdul Halim ketika menyerahkan bantuan APD secara simbolis kepada Ketua PCNU Kabupaten Bangkalan KH Makki Nasir. (FOTO: Doni Heriyanto/ TIMES Indonesia)
Anggota DPRD Jatim fraksi Gerindra, Abdul Halim ketika menyerahkan bantuan APD secara simbolis kepada Ketua PCNU Kabupaten Bangkalan KH Makki Nasir. (FOTO: Doni Heriyanto/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANGKALAN – Sebanyak 12 Anggota DPRD Jatim Dapil Madura bersatu melawan lonjakan kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bangkalan. Para legislator ini secara swadaya menyumbang 3.000 paket alat pelindung diri (APD). Bahkan, mereka juga menggagas rumah sehat.

Aksi solidaritas yang berlangsung di Pondok Pesantren Syaichona Mohammad Cholil Bangkalan itu diwakili H Mohammad Nasih Aschal Fraksi Partai NasDem, Mahfud Fraksi PDI Perjuangan, Abdul Halim Fraksi Gerindra, dan Mathur Husairi Fraksi Partai Keadilan Bintang Nurani (KBN).

"Ribuan paket APD ini berupa masker, hand sanitizer, vitamin C, dan susu," terang perwakilan Anggota DPRD Jatim, H Mohammad Nasih Aschal, Rabu (16/7/2021).

Abdul-Halim-2.jpg

Bantuan kemanusiaan itu, kata Ra Nasih sapaan akrabnya, akan disebar ke lima kecamatan yang menjadi episentrum penyebaran Covid-19. Seperti, Kecamatan Kota Bangkalan, Arosbaya, Klampis, Geger, dan Kecamatan Sepulu.

"Kita fokus di kecamatan itu, karena kasus lonjakannya sangat tinggi," imbuhnya.

Menurut Ra Nasih, aksi solidaritas tersebut disinkronisasikan dan bekerjasama dengan berbagai pihak. Termasuk melibatkan komunitas- komunitas masyarakat untuk mempermudah penyaluran bantuan supaya tepat sasaran.

"Ada juga beberapa pakar medis dan dokter melalui lembaga Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) serta MWC NU," jelasnya.

Ra Nasih mengungkapkan, selain menyalurkan bantuan juga menggagas rumah sehat untuk menampung pasien Covid-19 yang berstatus OTG dengan harapan bisa benar- benar memisahkan antara yang sakit dengan yang sehat.

"Terutama dapat membantu upaya medis yang dilakukan para dokter maupun tenaga kesehatan. Pilot project rumah sehat di Kecamatan Klampis. Targetnya minggu depan. Semoga juga bisa dilakukan di kecamatan-kecamatan lain," ujarnya.

Selain itu, lanjut Ra Nasih,  juga akan membentuk relawan-relawan yang ikut serta memberikan sosialisasi maupun edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19.

Harapannya tidak ada lagi masyarakat yang ketakutan ketika tes swab dan tidak ada lagi masyarakat yang mengatakan semua pasien yang dirawat di rumah sakit dicovidkan.

"Jadi bantuan APD, penyediaan rumah sehat, hingga pembentukan relawan adalah ikhtiar kami bersama sebagai anggota DPRD Jatim Dapil Madura untuk membantu melawan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bangkalan," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES