News Commerce Indonesia Bangkit

Souvenir Batik Khas Kota Probolinggo Usung Motif Nuansa Alami

Senin, 14 Juni 2021 - 08:53 | 61.02k
Pameran Karya Pembatik Komunitas Batik (Kibpro) Kota Probolinggo. (Foto-foto: Disperindag Kota Probolinggo for TIMES Indonesia)
Pameran Karya Pembatik Komunitas Batik (Kibpro) Kota Probolinggo. (Foto-foto: Disperindag Kota Probolinggo for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Komunitas Batik (Kibpro) Kota Probolinggo  yang beranggotakan 23 pembatik, mengusung motif nuansa alami dan khas Kota Probolinggo dalam kain atau pakaian batik yang dihasilkan.  

Motif yang terkesan alami tersebut diambil dari nuansa alam seperti motif anggur, mangga, bayu, angin, barungan, kembang pesisiran, atau perpaduan dari unsur keempatnya. 

Wawan Yulianto Catur Saputro, Penyuluh Perindag Kota Probolinggo, mengatakan jumlah pembatik di Kota Probolinggo tidak hanya yang sudah terdaftar di Kibpro saja.

“Selain anggota Kibpro, ada puluhan embrio pembatik lainnya yang belum terdaftar dalam organisasi. Motif batik yang dikembangkan perajin batik Kota Probolinggo yakni motif batik kuno dan kontemporer, baik menggunakan pewarnaan alam maupun sintetis,” jelas Wawan.

Wawan menambahkan, terdapat 151 motif batik kuno yang menjadi salah satu potensi unggulan di Kota Probolinggo. Motif tersebut direpro dari motif aslinya yang bersumber pada Tropen Museum di Amsterdam Belanda yang sudah dibawa pulang ke Museum Probolinggo.

Batik 2

“Gerai Dekranasda Kota Probolinggo menyediakan hasil karya UMKM/IKM Komunitas Batik Kota Probolinggo dengan harga bervariasi dan teknik pewarnaan batik yang beragam,” ujar dia.

Wawan mengungkapkan, batik khas Kota Probolinggo dibanderol mulai harga Rp 200 ribu hingga Rp 600 ribu. Untuk seragam aparatur sipil negara (ASN) mulai harga Rp 110 ribu sampai Rp 150 ribu. Sedangkan untuk masker batik mulai harga Rp 35 ribu hingga Rp 50 ribu.

Dia mengatakan, langkah yang sudah diupayakan Pemerintah Kota Probolinggo bersama Dekranasda mengenai batik ini yakni melakukan pembinaan pengembangan usaha batik berbasis kearifan lokal.

Selain itu, lanjut dia, bantuan peralatan-modal, fasilitasi HaKI dan merek, serta pemasaran baik secara online maupun konvensional melalui pameran-pameran.

Gerai Dekranasda yang menyediakan hasil karya UMKM/IKM perajin batik khas Kota Probolinggo buka Senin-Jumat dari jam 08.00 hingga sampai 15.00. Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi +62 822-3311-8038, +62 852-3145-2022, +62 821-4399-1720, serta via IG @dekranasdakotaprobolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES