Olahraga

Jalan Panjang Ezra Walian dari Ajax Amsterdam Hingga Bela Timnas Indonesia 

Selasa, 15 Juni 2021 - 19:26 | 47.92k
Sosok Ezra Walian (FOTO: pssi.org)
Sosok Ezra Walian (FOTO: pssi.org)

TIMESINDONESIA, JAKARTAEzra Walian tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya ketika mendengar keputusan bahwa dirinya bisa memperkuat Timnas Indonesia. 

Tentu saja hal itu bukan keputusan biasa, sebab butuh waktu setidaknya dua tahun bagi Ezra untuk bisa dipastikan bisa memperkuat Timnas Indonesia. 

Hal itu bermula ketika FIFA melarang Ezra Walian untuk bermain di Timnas Indonesia. Hal itu didorong oleh memorandum yang dikirimkan oleh Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) terkait status kewarganegaraan Ezra. Pemain berposisi sebagai striker itu ternyata pernah membela timnas Belanda mulai dari U-15, U-16, dan U-17.

Padahal ketika itu publik sepak bola Indonesia menaruh harapan tinggi pada Ezra Walian, sebab setelah resmi menjadi WNI pada 2017 dia langsung melakukan debut bersama Timnas Indonesia melawan Myanmar di pertandingan persahabatan. 

Secara garis keturunan, Ezra Walian ini memang memiliki darah Indonesia karena ayahnya, yaitu Glenn Walian, yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara.

Namanya kian bersinar kala memperkuat Timnas U-22 proyeksi Sea Games yang saat itu dilatih oleh Luis Milla. 

Rasa cintanya pada Indonesia dibuktikan dengan memilih hengkang dari klubnya Almere City untuk bergabung dengan PSM Makassar. Ezra Walian saat itu mendapatkan kontrak jangka panjang dari PSM Makassar sampai 2022. Bersama dengan PSM Makassar, Ezra Walian juga menghadapi masalah status kewarganegaraan. Status kewarganegaraan yang belum jelas membuatnya juga tidak bisa membela PSM Makassar di Piala AFC 2020.

Erza walian adalah pemain kelahiran Amsterdam, Belanda, pada 22 Oktober 1997. Dikutip dari situs Transfermarkt, Ezra Walian ini pertama kali menimba ilmu sepak bola di akademi Haarlem Youth di Belanda.Ezra menemukan kematangan dalam bermain sepak bola saat bermain untuk tim junior Ajax Amsterdam. Tercatat dalam kurun waktu 2012-2017 dia berkutat di tim junior Ajax Amsterdam mulai U-17 hingga U-21. 

Keseriusan untuk menjadi pemain sepak bola profesional dibuktikan oleh Ezra dengan bergabung tim Almere City, dan RKC Waalwijk di Liga Belanda. 

Kini Ezra Walian bermain untuk Persib Bandung, sosoknya diperkenalkan secara spesial karena berkaitan dengan ulang tahun Persib ke 88 lalu. Dia juga sudah mengantarkan Persib ke final Piala Menpora 2021. Bermain untuk Timnas Indonesia tidak hanya bukti kesuksesannya dalam menajdi pemain sepak bola, melainkan kecintaannya pada Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES