Pendidikan UIN Malang

Dosen Psikologi UIN Maliki Malang Terbitkan Buku Resolusi Konflik

Selasa, 15 Juni 2021 - 17:00 | 74.16k
Dr. Hj. Rifa Hidayah, M.Si, Dosen Psikologi UIN Maliki Malang saat ditemui di ruangannya. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)
Dr. Hj. Rifa Hidayah, M.Si, Dosen Psikologi UIN Maliki Malang saat ditemui di ruangannya. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dosen Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), Dr. Hj. Rifa Hidayah, M.Si menerbitkan buku Resolusi Konflikdalam Prespektif Psikologis Konseling Qurani.

Buku tersebut ditulis bersama tiga dosen dari luar kampus UIN Maliki Malang yaitu Prof. Dr. Hj. Elfi Mu'awanah, S.Ag., M.Pd., Dr. Luhur Wicaksono, M.Pd., dan Dr. Rahmiwati Marsinun, M.Pd. Buku tersebut terbit pada Mei 2021 dan diterbitkan oleh Alim's Publishing Jakarta.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Buku ini banyak mengupas tentang bagaimana kita mengatasi sebuah konflik dan adanya resolusi dalam kehidupan ini. Buku ini merupakan hasil riset kami secara mandiri dan buku ini terbit terinspirasi dari pengamatan konflik sosial yang ada disekitar kami," ujar Dr. Hj. Rifa Hidayah, M.Si, Dosen Psikologi UIN Maliki Malang kepada TIMES Indonesia, Selasa (15/6/2021).

Buku Resolusi Konflik 2

Dr. Hj. Rifa Hidayah menyampaikan, di dalam buku yang ia terbitkan membahas mengenai resolusi konflik dari perspektif quran, rekonsilasi konflik, prinsip dan sikap resolusi, bentuk-bentuk dan dampak terhadap konflik, kemampuan yang perlu dibangun, dan tahapan dalam resolusi konflik dan implementasinya.

Poin-poin yang dibahas dalam bukunya dirasa penting untuk dibahas karena konflik merupakan sebuah peristiwa permasalahan komunikasi yang sering terjadi dalam proses perjalanan hidup.

"Dalam peristiwa konflik, seseorang harus bisa berhadapan dan menyikapi, tidak boleh menghindari karena konflik dapat membuat kita belajar dari peristiwa itu," jelas Rifa.

Rifa menjelaskan, konflik dapat dijadikan sebagai ajang perfeksi diri. Setiap orang harus giat menghadapi konflik untuk sebuah resolusi baik dalam kehidupan keluarga, sekolah, organisasi, lingkungan kerja, bermasyarakat, bahkan berumah tangga. Dalam bukunya juga dijelaskan potongan-potongan ayat Al-Quran yang berbicara mengenai konflik dan penyebabnya.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Harapan dari terbitkannya buku Resolusi Konflik dalam Prespektif Psikologis Konseling Qurani ini masyarakat dapat mengatasi konflik dengan cara yang sehat secara mental karena konflik tidak bisa dihindari tetapi bagaimana cara kita untuk mencegahnya. Dan apabila sudah terjadi maka harus dihadapi," tutur Dr. Hj. Rifa Hidayah, M.Si, Dosen Psikologi UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES