Hukum dan Kriminal

Polda Metro Jaya Ingatkan Anggotanya untuk Tidak Terlibat Pungli

Selasa, 15 Juni 2021 - 10:16 | 17.59k
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus saat memberikan keterangan pers di Jakarta (Foto: VIVA/Wahyu Firmansyah)
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus saat memberikan keterangan pers di Jakarta (Foto: VIVA/Wahyu Firmansyah)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengingatkan kepada seluruh anggota, agar tidak terlibat dalam praktik pungutan liar disingkat pungli.

Menurut Yusri, hal itu sejalan dengan inisiatif Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang gencar memberantas pungli di kawasan pelabuhan dan merugikan pengemudi truk, termasuk truk kontainer.

"Kami akan tindak tegas (jika ada oknum yang terlibat pungli)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus di Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Hingga saat ini, pihaknya telah menangkap 50 orang. Selain itu juga melakukan pengembangan untuk mencari pangkal terjadinya pungli di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok dan sekitarnya. "50 orang ini sudah tersangka dan kami lakukan penahanan," kata Yusri.

Presiden Jokowi berkunjung ke Tanjung Priok dan bertemu dengan para sopir. Mereka mengeluh banyaknya pungli di kawasan pelabuhan. Presiden pun segera menghubungi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menindaklanjuti keluhan itu. Penangkapan besar-besaran langsung di lokasi itu. 

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mohammad Fadil Imran segera mengultimatum para Kepala Kepolisian Resor di wilayahnya. Ultimatum ini dikeluarkan Fadil menyusul teguran dari Presiden Joko Widodo kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Ultimatum juga Pak Kapolda kepada para Kapolres-Kapolres, untuk segera menindak (pelaku pungli)," ujar Yusri.

Yusri menuturkan, pimpinan Polda Metro Jaya meminta agar masyarakat tidak main-main dalam pemberantasan pungli. Apa lagi, menurut Yusri, para pelaku melakukan aksi ini secara berkelompok dan terorganisir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES