Peristiwa Nasional MPR Rumah Kebangsaan

Ketua MPR RI Bamsoet Gelar Turnamen Catur Nasional

Senin, 14 Juni 2021 - 23:12 | 32.81k
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (FOTO: Dok. MPR RI)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (FOTO: Dok. MPR RI)
FOKUS

MPR Rumah Kebangsaan

TIMESINDONESIA, JAKARTAKetua MPR RI Bambang Soesatyo menyelenggarakan turnamen catur nasional. Bertempat, di Area Lobi Nusantara V, Komplek Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, para peserta yang berjumlah 50 pecatur nasional ini akan memperebutkan ‘Piala Bergilir Ketua MPR dan Piala Tetap Menpora’.
 
Ketua Panitia Turnamen Catur Nasional, Oni Arief Benyamin dalam konferensi pers yang digelar di Media Center, Komplek Gedung MPR/DPR RI mengatakan turnamen ini akan diikuti oleh grand master dan master catur internasional.

"Dewa-dewi catur Indonesia, pemain catur terbaik di Indonesia semua akan turun di turnamen ini," ujar pria yang juga merupakan Kabag Media Visual dan Audio Visual Setjen MPR RI itu, Senin (14/6/2021). 

Tercatat nama grand master internasional yang akan turun dalam turnamen itu adalah Susanto Megaranto, Cerdas Barus, Novendra Priasmoro, dan Grand Master Women Medina Warda Aulia. Sedang master internasional yang turun dalam pertandingan itu seperti Yoseph T. Taher, Sean W. Cuhendi, F. Firmansyah, Muhammad L. Ali, Women Internasional Master Chelsie Monica Ignesias Sihite, Dewi Ardhiani Anastasia Citra, dan Dita Karenza.

Turnamen yang digelar itu menurut Oni merupakan kegiatan untuk memberikan kesempatan kepada grand master, master, dan pecatur daerah untuk meningkatkan kemampuan.

"Seperti olahraga lainnya perlu pertandingan dan perlombaaan untuk meningkatkan prestasi dan kemampuan, catur pun demikian. Tanpa turnamen yang bermutu, pecatur tidak akan mampu mengembangkan dan meningkatkan prestasi dan kualitas permainan," ujarnya.

Turnamen yang ditayangkan langsung lewat YouTube Bamsoet itu akan melalui dua sesi turnamen, yakni Babak Kualifikasi dan Babak Utama. Babak Kualifikasi digelar pada 18 Juni 2021, sedang Babak Utama pada 19 Juni 2021.

"Pada Babak Utama akan dimulai pukul 09.00 WIB Sabtu 19 Juni 2021. Acara ini akan dibuka oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo dan dihadiri oleh Menpora dan Ketua Umum Percasi," imbuh dia.

Oni mengungkapkan Turnamen Catur Nasional yang digelar kali ini merupakan pertandingan catur terberat. Terberat karena semua 50 pemain terbaik di Indonesia turun bermain dalam turnamen ini. "Ini pertama kali terjadi di Indonesia," tuturnya. 

Pria yang juga merupakan penggemar catur itu berani mengatakan demikian sebab turnamen yang didukung penuh oleh Bambang Soesatyo atau Bamsoet itu diikuti oleh grand master dan master internasional, baik pria maupun wanita. "Seluruh pemain catur terbaik Indonesia hadir di sini," ucapnya.

Dikatakan Oni, Bamsoet mendukung penuh acara itu sebab sebagai jalan untuk ikut meningkatkan perkembangan kemajuan catur di Indonesia. "Diharapkan ke depan para pecatur dari Indonesia bisa membawa nama harum bangsa di kancah dunia," tegas dia.

Untuk itulah menurut Oni, Bamsoet ingin turnamen catur itu menjadi agenda tahunan. Turnamen itu sendiei digelar di Komplek Gedung MPR/DPR RI, sebab gedujg parlemen ini merupakan rumah rakyat dan catur merupakan permainan rakyat. "Catur merupakan permainan rakyat, bisa dilakukan di pos-pos ronda, pelosok-pelosok desa, dan di mana saja," ungkap dia. 

Tak hanya itu, turnamen itu digelar di sana juga untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanding di Komplek Gedung MPR RI/DPR RI. Untuk itu bagi masyarakat yang ingin menyaksikan turnamen catur nasional bisa melalui channel YouTube. "Dengan menyaksikan lewat channel youtube maka kerumunan bisa dihindari," tandasnya melanjutkan keinginan dari Ketua MPR RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES