Peristiwa Daerah

Atasi Kekeringan, Pemdes Kalak Pacitan Manfaatkan Sungai Bawah Tanah

Senin, 14 Juni 2021 - 21:56 | 51.71k
Kepala Desa Kalak, Agus Suseno dan Lokasi Sumber Mata Air Bawah Tanah (FOTO: Yusuf For TIMES Indonesia)
Kepala Desa Kalak, Agus Suseno dan Lokasi Sumber Mata Air Bawah Tanah (FOTO: Yusuf For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Kemarau panjang di Pacitan menyebabkan kurangnya pasokan air hingga kekeringan, namun dalam mengatasi masalah tersebut Pemerintah Desa Kalak, Donorojo, Pacitan Jawa Timur memanfaatkan aliran sungai di bawah tanah.

Menurut  Kepala Desa Kalak, Agus Suseno sudah satu tahun terakhir ini pihaknya memanfaatkan aliran sungai bawah tanah tepat berada di Dusun Petung kemudian disalurkan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat setempat.

Sungai-Bawah-Tanah.jpg

"Kami sudah terbantu dengan adanya aliran air sungai bawah tanah yang ada di Dusun Petung, Mas sehingga di saat kemarau panjang tiba, masyarakat kami tidak sampai kekurangan air bersih," katanya, Senin (14/6/2021).

Hanya dengan memanfaatkan pipa, air yang bersih dan terus mengalir dari bawah tanah ini bisa disalurkan dengan baik kepada rumah-rumah masyarakat Desa Kalak bahkan bisa mencukupi tiga Desa Sekitar, yakni Sendang, Klepu, dan Widoro. Namun sampai saat ini pihaknya belum bisa menyalurkan ke desa lain terkait kendala alat.

Sungai-Bawah-Tanah-2.jpg

"Sebenarnya air dari bawah tanah itu sangat jernih dan tidak akan habis, tapi kami belum bisa menyalurkan ke desa tetangga karena masih minimnya alat," imbuhnya.

Agus berharap kepada Pemerintah Daerah untuk membantu memperluas jaringan saluran pipa air agar bisa dimanfaatkan Desa lainnya di saat kemarau panjang.

"Harapan saya kepada Pemerintah Daerah untuk membantu kami dalam peluasan jaringan saluran pipa air agar bisa dimanfaatkan juga oleh Desa tetangga," jelas Agus Suseno Kades Kalak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES