Peristiwa Daerah

Viral Disabilitas Asal Bondowoso Minta Uang ke Baim Wong, Ternyata Sudah Dapat Bantuan Pemerintah

Senin, 14 Juni 2021 - 20:11 | 53.84k
Siddik saat bertemu langsung Baim Wong untuk meminta bantuan sejumlah uang sebagai modal usaha (FOTO: Capture video di YouTube Baim Paula)
Siddik saat bertemu langsung Baim Wong untuk meminta bantuan sejumlah uang sebagai modal usaha (FOTO: Capture video di YouTube Baim Paula)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Belakangan viral video seorang disabilitas yang mengaku asal Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, secara terang-terangan meminta uang kepada artis sekaligus YouTuber terkenal, Baim Wong.

Video itu viral setelah diunggah akun YouTube Baim, @Baim Paula tiga hari lalu, atau 11 Juni 2021 kemarin. Hingga 14 Juni Pukul 17:00 WIB video tersebut ditonton 362 ribu kali.

Dalam video berdurasi 17 menit 42 detik tersebut, pria yang mengaku bernama Siddik itu langsung mengutarakan keinginannya saat bertemu Baim. "Saya minta tolong sama mas, untuk pribadi saya sendiri, untuk usaha," kata Siddik saat bertemu langsung dengan Baim.

Kemudian dicecar oleh Baim untuk usaha apa. Pria yang menggunakan kaos berwarna biru tersebut, mengaku punya usaha tembakau. Yakni beli tembakau untuk dijual lagi.

Baim lantas menanyakan modal usaha yang dibutuhkan. Pria itu pun tanpa sungkan menyebutkan biaya yang ia butuhkan. 

"Minimal ya itu, sekitar 10-an itu (Rp 10 juta). Terserah Baim mau ngasih berapa, silahkan tidak masalah yang penting saya bisa pulang, gitu aja. Yang penting untuk anak-anak di kampung saya," ucapnya.

Baim mengaku sempat tergerak karena niat awal Pak Sidik datang jauh-jauh ke Jakarta demi teman-temannya yang senasib di Bondowoso.

"Tadi saya tergeraknya dari situ sih. Tapi ketika berbicara kepentingan pribadi, pekerjaan, bapak sama aja sama orang-orang yang ke tempat saya," jelas Baim di video tersebut.

"Saya ngerti, cuma kalau saya kasih, saya kembali mengajarkan ke orang-orang yang nonton sesuatu hal yang tidak benar. Kalau saya kasih, besok-besok akan datang lagi," ucap Baim lagi.

Namun di akhir video tersebut, ayah dari Kiano ini memberikan sejumlah uang sebagai ganti ongkos ke Jakarta dan ongkos pulang lagi ke Bondowoso. Sebab Siddik untuk ke Jakarta ia harus menjual motor miliknya.

Baim Wong juga menitipkan uang Rp 2,5 juta untuk dibagikan ke sesama disabilitas saat tiba di rumahnya, Bondowoso.

Menanggapi hal itu, Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bondowoso, Saefuddin Suhri mengatakan jumlah disabilitas tahun 2020 ada 650 orang. Mereka sudah mendapatkan bantuan, baik yang berasal dari pusat, provinsi maupun Pemkab.

Saefuddin SuhriPlt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bondowoso, Saefuddin Suhri saat dikonfirmasi (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

Adapun untuk Siddik dan istrinya kata dia merupakan salah seorang penerima bantuan pemerintah. Yakni BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), atas nama istrinya. "Dia sendiri (Siddik) penerima program PKH disabilitas," jelas Saefuddin saat dikonfirmasi di kantornya, Senin (14/6/2021).

Pihaknya kedepan akan melakukan pembinaan dan memastikan bahwa disabilitas itu punya mental dan bisa mandiri. 

"Tapi untuk yang Pak Siddik, setelah melihat secara utuh, itu dia misi pribadi ke Baim Wong. Artinya dia minta uang pribadi untuk modal usahanya," jelasnya.

Informasi dihimpun, disabilitas yang sempat menemui Baim Wong tersebut merupakan warga Desa Trebungan, Kecamatan Tamankrocok, Bondowoso. Bahkan ia juga merupakan bendahara PPDI (Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia) kabupaten setempat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES