Pemerintahan

Sinergi Polbangtan Malang dan Pemkab Pacitan Bangun Pertanian Daerah

Senin, 14 Juni 2021 - 21:07 | 33.21k
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (kiri) dan Direktur Polbangtan Malang Setya Budhi Udrayana usai penandatangan MoU, Senin (14/06/2021) di SMKN Kebonagung Pacitan. (FOTO: Polbangtan Malang)
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (kiri) dan Direktur Polbangtan Malang Setya Budhi Udrayana usai penandatangan MoU, Senin (14/06/2021) di SMKN Kebonagung Pacitan. (FOTO: Polbangtan Malang)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Pacitan (Pemkab Pacitan) dalam membangun pertanian daerah. Sinergi tersebut diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara kedua pihak.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Polbangtan Malang Dr Setya Budhi Udrayana dan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, serta  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan, Ir. Bambang Supriyoko, MP.

Bersama Pemkab Pacitan yang diwakili Bupati Inaarta Nur Bayu Aji, Polbangtan Malang menyepakati kerjasama terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Sedangkan dengan Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan, disepakati kerjasama teknis bidang pertanian.

Penandatangan MoU berlangsung di sela-sela kegiatan pameran pertanian bertajuk Open Day yang digelas di Lapangan SMKN Kebonagung Pacitan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Pacitan Indarta Nur Bayu Aji menegaskan pentingnya regenerasi pertanian terutama regenerasi petani. "Kami membutuhkan program regenerasi pemuda tani," ucapnya.

Menurutnya, yang terpenting dalam melakukan regenerasi adalah hal yang menarik dari sektor pertanian itulah yang harus ditonjolkan pada generasi muda, terutama di era 4.0 sekarang ini. 

"Petani bukan seperti yang kita lihat nyata yang kelihatan blutut atau kotor penuh lumpur. Petani adalah komposer, tanah nya bagaimana ditanami apa? Itu petani dan tidak harus petani sendiri yang menanam," jelas Bupati Pacitan.

Dia menyampaikan terima kasih kepada SMKN Kebonagung Pacitan yang telah menyediakan jurusan pertanian. Dia menyebut hal itu sebagai embrio. 

"Harapan saya ketua komisi 2 DPRD Kabupaten Pacitan dan jajarannya mensupport atau mengkomunikasikan Akademi Komunitas Negeri (AKN) bisa nyambung," ucapnya. 

"Ketika kita berbicara jurusan pertanian akan berkelanjutan. Dan Polbangtan Malang sudah mewadahi itu," sambungnya.

Dia menegaskan, kesuksesan SMKN Kebonagung tidak hanya terletak pada bangunan fisik, tetapi bagaimana siswa setelah selesai dan ditunjang Program YESS betul betul siap kerja atau berwirausaha.

Bupati Indrata juga mengajak generasi pertanian untuk berpikir out of the box guna menghasilkan inovasi. "Kalau kita tidak mempunyai semangat mental yang merubah itu semua kita tidak berkembang. Semuanya bermula dari SDM," tegasnya.

Dia juga menegaskan komitmen dalam peningkatan produksi pertanian harus dimulai sejak dini. Untuk itu, kata dia, regenerasi pertanuan perlu dipersiapkan sebaik mungkin. Harapannya, SMKN yang membuka jurusan pertanian tidak hanya di Kebonagung tetapi diikuti sekolah di wilayah lain. 

Dia mengajak generasi muda berpandangan jauh ke depan. Dengan banyaknya lahan yang beralih fungsi, kata dia, kesempatan berwirausaha di bidang pertanian sangat terbuka sekali dan sangat menjanjikan. 

"Karena bisa jadi pertanian di masa mendatang menjadi barang yang betul-betul kita butuhkan daripada barang yang lain," ucap orang nomor satu di Pemkab Pacitan itu saat penandatanganan MoU dengan Polbangtan Malang dalam membangun pertanian daerah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES