Peristiwa Nasional

Presiden RI Jokowi Berikan PR Serius untuk Gubernur Anies Baswedan, Soal Apa?

Senin, 14 Juni 2021 - 20:37 | 34.10k
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Presiden RI Jokowi saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Rumah Susun Tanah Tinggi, Provinsi DKI Jakarta. (FOTO: Setkab RI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Presiden RI Jokowi saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Rumah Susun Tanah Tinggi, Provinsi DKI Jakarta. (FOTO: Setkab RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) memberikan PR (Pekerjaan Rumah) yang harus diselesaikan oleh Gubernur Anies Baswedan. Kepala Negara meminta cakupan vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta harus mencapai 7,5 juta penduduk pada akhir Agustus 2021 mendatang.

Hal itu kata Presiden dalam upaya untuk segera mencapai kekebalan komunal atau herd immunity. Hal tersebut disampaikannya usai melakukan peninjauan vaksinasi bagi masyarakat umum dan unsur pekerja, yang dilaksanakan di Rumah Susun Tanah Tinggi, Provinsi DKI Jakarta, Senin (14/6/2021),

“Saya tadi telah menyampaikan kepada Gubernur DKI untuk nanti di akhir Agustus, target 7,5 juta penduduk di Jakarta harus sudah tervaksinasi," katanya Presiden dalam sambutannya.

Meskipun mengakui target tersebut cukup ambisius, namun Kepala Negara menegaskan hal ini harus dilakukan agar kekebalan komunal dapat segera dicapai. Untuk itu, ia meminta semua jajaran terkait bekerja keras untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

“Saya berharap kerja keras semuanya, baik di tingkat wali kota, kecamatan, kelurahan, dan seluruh puskesmas, dan rumah sakit yang ada di DKI Jakarta,” ujarnya.

Presiden menyampaikan, Provinsi DKI Jakarta memiliki tingkat interaksi dan mobilitas masyarakat yang tinggi, sehingga kecepatan pelaksanaan vaksinasi ini sangat menentukan keberhasilan upaya penanganan pandemi.

Pemerintah, ungkapnya, juga akan memprioritaskan pemberian vaksinasi bagi masyarakat di daerah rentan. Salah satunya adalah kawasan pemukiman penduduk Rumah Susun Tanah Tinggi.

“Kenapa dilakukan di sini? Karena ini adalah kawasan padat yang interaksi antarmasyarakatnya sangat tinggi, sehingga diberikan prioritas untuk diberi vaksinasi. Bayangkan kalau di rusun ini, satu saja ada yang terkena, menyebarnya akan cepat sekali, sehingga vaksinasi sangat diperlukan di kawasan ini,” ujarnya.

Perhatian Ekstra

Sebelumnya, Gubernur Anies Baswedan menyampaikan, Ibu Kota saat ini butuh perhatian ekstra. Dalam beberapa hari terakhir, kasus Covid-19 melonjak tinggi. Kasus aktif di Ibu Kota minggu lalu, pada 6 Juni 2021 adalah 11.500. Sedangkan pada 13 Juni kemarin, menjadi 17.400.

Dalam sepekan telah terjadi peningkatan 50%. Ini peringatan untuk semua," katanya dalam keterangan tertulis.

Ia pun memaparkan, Positivity rate di Jakarta meningkat yang pada pekan lalu 9%, menjadi 17%, dengan pertambahan kasus baru per Minggu 13 Juni kemarin menjadi 2700.

Meskipun di sisi lain kemampuan testing di DKI Jakarta dalam sepekan ini sudah ditingkatkan dari 4 kali lipat standar WHO menjadi 8 kali lipat, itupun masih menunjukkan angka positivity rate tinggi.

Selain itu lanjut dia, itu untuk tempat tidur isolasi di rumah sakit juga terjadi peningkatan signifikan walaupun tingkat kematian cenderung tetap.

Pada pekan lalu tingkat keterisian rumah sakit di Jakarta sebesar 45%, per 13 Juni kemarin sudah terisi 75%. 1 dari 4 pasien yang dirawat di Jakarta adalah warga luar DKI. Meskipun demikian pihaknya tidak membeda-bedakan pelayanan baik untuk warga DKI maupun luar DKI.

"Ibu kota saat ini dalam kondisi yang memerlukan perhatian ekstra. Bila kondisi sekarang tak terkendali, kita akan masuk fase genting, dan jika sampai fase itu terjadi maka kita harus ambil langkah drastis seperti yang pernah dialami bulan September tahun lalu dan Februari lalu. Kita semua tentu tidak mau peristiwa itu berulang," jelas Gubernur Anies Baswedan menegaskan kondisi Jakarta saat diminta Presiden RI Jokowi meningkatkan jumlah vaksinasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES