Wisata

Desa Wisata Semen Blitar Jadi Finalis Desa Wisata Award 2021

Senin, 14 Juni 2021 - 12:12 | 123.57k
Wisatawan sedang melihat proses pemerahan susu sapi di Desa Wisata Semen, Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar, Jawa Timur. (Foto: dok. Desa Wisata Semen)
Wisatawan sedang melihat proses pemerahan susu sapi di Desa Wisata Semen, Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar, Jawa Timur. (Foto: dok. Desa Wisata Semen)

TIMESINDONESIA, BLITARDesa Wisata Semen, Kampung Wisata Ekologi (KWE) Puspa Jagad, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, berhasil masuk 20 besar finalis ajang Desa Wisata Awards 2021. Ajang bergengsi dalam dunia wisata tersebut digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

20 finalis Desa Wisata Award itu terbagi dalam empat kategori yakni kategori Desa Wisata Berbasis Alam, Desa Wisata Berbasis Budaya, Desa Wisata Kreatif dan Desa Wisata Berbasis Digital. 

Nah, Desa Wisata Semen masuk dalam nominasi lima besar nasional kategori Desa Wisata Kreatif. Nantinya, dari lima besar finalis desa wisata kreatif itu akan dipilih satu desa wisata terbaik.

“Kami  masuk dalam 20 besar nominasi, desa Wisata Award 2021. Jadi KWE Puspa Jagad Desa Wisata Semen,   praktis menjadi lima besar Nasional kategori Desa Wisata Kreatif, "Jelas, General Manager Desa Wisata Semen KWE Puspa Jagad, Eko Wihadi Senin, (14/6/2021).

Desa-Wisata-2.jpgMengolah lahan pertanian merupakan salah satu objek wisata di Desa Wisata Semen

Menurut Eko, sebelum masuk pada tahap penjurian di lapangan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam mengikuti ajang tersebut. Oleh karena itu, ia katakan, pihaknya telah audiensi dengan Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Parbudpora) Kabupaten Blitar untuk membicarakan skema dalam perlombaan lima besar. 

"Jadi ada beberapa form persyaratan yang perlu kita siapkan sebelum penjurian yang insyaallah akan dilaksanakan mulai 16 sampai 30 Juni 2021 mendatang," tambahnya.

Eko berharap, bukan hanya kemenangan saja, tetapi dalam perlombaan itu merupakan ajang pembuktian bahwa kemandirian dan kekompakan antara desa, kecamatan, Pemkab Blitar saling mendukung dan saling melengkapi demi kemajuan Pariwisata di Kabupaten Blitar.

"Lebih dari itu, kami  berharap dalam ajang lomba Desa Wisata Award 2021 Desa Wisata Semen bisa menyajikan yang terbaik serta membawa prestasi bagi Kabupaten Blitar," urai Eko.

Untuk informasi, Desa Wisata Semen mengembangkan kearifan lokal yang ada di masyarakat desa dengan mengemasnya menjadi sebuah Paket Wisata yaitu Paket Wisata Edukasi dan Kesenian, Camping Ground dan Outbound.

Desa-Wisata-3.jpgWisatawan sedang menyusuri setiap sungai di di Desa Wisata Semen.

Paket Wisata Edukasi di Desa Wisata Semen berupa, Edukasi Konservasi Tanaman Anggrek, Edukasi Peternakan Kelinci, Sapi Perah dan Kambing, Edukasi Pertanian Nanas, Pisang Byar dan Gula Jawa.

Sedangkan, Wisata Kesenian, dimana setiap wisatawan yang berkunjung disuguhkan dengan Kesenian Tari Langen Beksan dan Jaranan yang diiringi dengan musik tradisional gamelan. Wisatawan juga diajak untuk ikut menari dan memainkan alat musik tradisonal.

Kemudian, Paket Wisata Camping Ground bertempat di sebuah bukit yang dinamakan Puncak Sekawan dimana bisa melihat langsung empat penjuru mata angin, panorama alam yang memukau dengan pemandangan Gunung Kelud dan Gunung Kawi serta bisa melihat keindahan Sunset dan Sunrise. 

Untuk wisata outbound di Desa Wisata Semen, pengunjung bisa bergembira dengan fun game, memacu adrenalin dengan flying fox dan high rope, menghirup udara segar dengan hiking di perkebunan teh, serta menyusuri sungai yang jernih dan asri. Diakhiri dengan menikmati makanan dan minuman kearifan lokal di tepi sungai.(*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES