Wisata

Ingin Naik Gunung Tapi Takut Tak Kuat Mendaki? Jangan Takut, Dakilah Bukit Jengger!

Minggu, 13 Juni 2021 - 14:11 | 86.15k
Bukit jengger, rekomendasian pendakian bagi pemula. (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)
Bukit jengger, rekomendasian pendakian bagi pemula. (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Ingin naik gunung tapi takut capek dan tidak kuat mendaki? Mungkin Bukit Jengger di Kabupaten Mojokerto bisa jadi salah satu opsi mendaki gunung bagi pendaki pemula.

Bukit Jengger memiliki ketinggian 1100 Mdp. Bukit Jengger berada dikawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo. Letaknnya berada di Dusun Nawangan, Tawangrejo Kecamatan Jatireji Kabupaten Mojokerto. Untuk menuju kawasan ini, bisa menggunakan sepeda motor.

Sebelum menuju tempat parkir pendakian, jangan kaget. Jalan yang dilalui adalah jalan berbatu dan cukup menguras tenaga. Jalan berbatu ini cukup panjang sekitar 1 kilometer. Jika motor dirasa tidak kuat, lebih baik berhenti sebentar untuk kemudian bisa melanjutkan perjalanan.

Bukit jengger b

Setelah jalanan berbatu, jalan akan kembali ke jalan beton. Jalan sedikit, akan sampai di lokasi parkir Bukit Jengger. Cukup merogoh kantong Rp 5 ribu untuk parkir motor permalamnya dan Rp 15 ribu untuk mobil.

Sebelum menuju pos perijinan, Anda bisa mengisi air di dekat tempat parkir karena sepanjang jalur pendakian tidak ada sumber air.

Jarak dari tempat parkir ke pos perijinan sekitar 500 meter. Sampai di pos perijinan, lakukan registrasi dengan membayar Rp 16 ribu per orang di akhir pekan dan Rp 11 ribu per orang di hari biasa.

Setelah registrasi, Anda bisa langsung mendaki, jangan lupa berdoa.

Bukit jengger c

Hutan pinus yang menyegarkan mata

Dari pos perijinan, perjalanan dilanjutkan menuju pos 1. Sepanjang perjalanan, pemandangan hutan pinus akan menyegarkan mata Anda.

Ada suara dan bau pinus yang khas dan angin yang tenang. Perjalanan dari pos perijinan menuju pos 1 ini, memakan waktu kurang lebih 1 jam.

Setelah di pos 1, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju pos 2. Kurang lebih setengah jam perjalanan. Anda harus berhati-hati karena disepanjang jalur ada rumput yang tumbuh tinggi dan membuat kulit lecet.

Sepanjang perjalanan, Anda akan menemukan jalur landai, tak membuat kaki capek.

Setelah di Pos 2 kita bisa melanjutkan perjalanan di Pos 3. Kurang lebih setengah jam. Anda bisa mendidikan tenda di Pos ini.

Rasa capek hilang

Sampai di Pos 3, bisa melanjutkan perjalanan ke Puncak. Waktu yang dibutuhkan sekitar setengah jam juga. Selama perjalanan menuju puncak Bukit Jengger, tetap harus waspada. Kanan dan kiri jalur pendakian adalah jurang.

Setelah sampai di puncak Bukit Jengger, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah yang sangat luar biasa. Rasa capek Anda pasti terbayar saat panorama keindahan pegunungan Anjasmoro menyapu mata Anda. Penasaran?(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES