Glutera News

7 Penyakit Penyebab Kematian Tertinggi Pada Wanita

Minggu, 13 Juni 2021 - 12:26 | 205.35k
glutera news.
glutera news.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyakit tak pandang bulu dalam mengincar korbannya. Oleh karena itu, sikap waspada dan terus berupaya untuk menerapkan gaya hidup sehat adalah sebuah hal mutlak yang tidak boleh luput dilakukan, apalagi jika Anda adalah seorang wanita. Ini karena terdapat beberapa penyakit yang menjadi penyebab kematian paling umum pada wanita.

Wanita ternyata cenderung lebih mudah terserang penyakit dibanding pria. Hal ini dikarenakan ada perbedaan antara laki – laki dan perempuan dalam hal hormon, komposisi tubuh dan beberapa perbedaan lainnya.

glutera b

Menurut WHO, dari 56,9 juta kematian di seluruh dunia pada tahun 2016 lebih dari setengah (54 persen) disebabkan oleh 10 penyebab mematikan teratas di dunia. Dengan jumlah kematian wanita paling banyak.

Statistik terbaru menunjukkan bahwa wanita meninggal lebih cepat daripada pria alasannya adalah karena beberapa jenis penyakit yang mempengaruhi mereka. Lebih dari dua juta wanita di dunia berjuang melawan kanker yang berhubungan dengan ovarium dan payudara. Bagian yang menakutkan adalah wanita juga rentan terhadap diabetes, juga beberapa penyakit mematikan lain. Kemudian penyakit anemia juga meningkat untuk sejumlah kematian pada wanita.

glutera c

1. Penyakit Jantung

Tercatat bahwa 38 persen wanita meninggal karena serangan jantung pertama. Angka yang tinggi bila dibandingkan dengan pria dengan peluang 28 persen.
Wanita yang merokok memiliki peluang lebih besar untuk tersumbat di jantung yang mengakibatkan penyakit jantung timbul.

2. Kanker Payudara

Wanita di atas usia 35 tahun harus menjalani tes mammogram secara teratur untuk menentukan apakah payudara sehat atau tidak.
Setelah usia 23 tahun, wanita perlu memeriksa sendiri payudaranya untuk memeriksa benjolan yang tidak biasa, yang merupakan salah satu tanda awal kanker payudara.

3. Kanker Serviks

Ini adalah kanker yang terbentuk di jaringan serviks. Wanita yang memiliki banyak pasangan seksual lebih rentan terkena kanker ini, karena penyebarannya awalnya melalui virus.
Pendarahan setelah hubungan intim, sakit perut dan sakit luar biasa selama tanggal menstruasi merupakan salah satu ciri kanker serviks.

4. Kanker Ovarium

Kanker ini muncul dari ovarium. Ini adalah kanker paling umum ke-7 di dunia dan mempengaruhi lebih dari satu juta wanita setiap tahun.
Kanker ovarium tidak memiliki gejala pertama, sampai kanker telah menyebar secara menyeluruh.

5. Diabetes

Diabetes tipe 2 sangat umum terjadi pada wanita di atas usia 28 tahun. Sebuah penelitan menyatakan bahwa wanita yang mengabaikan mengikuti gaya hidup sehat dan seimbang, biasanya berakhir dengan penyakit ini yang dapat membunuh mereka.

6. Penyakit Ginjal

Tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan keturunan keluarga, masalah ini dapat menimbulkan timbulnya penyakit ginjal pada wanita.
Meskipun gejala awal penyakit ginjal sulit diketahui, tapi penyakit ini bisa ditentukan dengan tes urin dan tes darah.

7. Anemia

Satu dari tiga wanita kekurangan berat badan dan menderita anemia.
Penyakit anemia bisa mengakibatkan kerusakan otak pada janin, perkembangan fisik anak yang buruk serta berujung pada kematian.

glutera d

Semua penyakit tersebut bisa menjadi bahan renungan, khususnya bagi wanita. Lihat ke dalam diri, tanya, dan introspeksi: apakah selama ini Anda sudah menyayangi dan menjaga tubuh dengan baik? Jika belum, mulailah sejak saat ini untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan, melakukan olahraga secara teratur, kelola stres dengan baik, cukup istirahat, dan menjauhi rokok maupun alkohol.

Source :
Forbes, J. Cooper, M. (2013). Mechanisms Of Diabetic Complications. Physiol Rev 93, pp. 137–188 
National Institute of Allergy and Infectious Diseases (2016). Clostridium Difficile. 
World Health Organization (2012). What Is The Deadliest Disease in The World? 
Fletcher, J. Medical News Today (2019). Lower Respiratory Tract Infections: What To Know 
Saleh, N. Very Well Health (2019). A Closer Look at the Top 5 Deadliest Cancers. 
Dansinger, M. WebMD (2019). Types of Diabetes Mellitus. 
Pietrangelo, A. Healthline (2018). Everything You Need to Know about Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD). 
Mayo Clinic (2018). Diseases and Conditions: Diabetes 
Pietrangelo, A. Healthline (2017). The Top 10 Deadliest Diseases. 
NHS UK (2017). Coronary Heart Disease. 
Healthline (2016). What Do You Want to Know about Cancer?

Be Everlasting with Glutera 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES