Gaya Hidup

Fakta dan Manfaat Ubi Jalar Turunkan Berat Badan

Minggu, 13 Juni 2021 - 02:23 | 180.51k
Ubi jalar mempunyai karbohidrat kompleks melebihi nasi (Sumber: Pinterest)
Ubi jalar mempunyai karbohidrat kompleks melebihi nasi (Sumber: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTAUbi jalar merupakan salah satu sumber makanan sangat mudah dijumpai di pasaran karena masyarakat Indonesia cukup sering mengkonsumi makanan ini. Sejumlah manfaat yang terkandung dalam ubi jalar sangat banyak seperti berkaitan dengan peningkatan energi tubuh dan sistem kekebalan tubuh, serta penurunan berat badan.

Ubi jalar dapat diolah dengan cara direbus, dipanggang, atau dimakan dengan cara dihaluskan. Setelah dimasak, tanaman umbi ini sudah terasa manis secara alami, sehingga dapat langsung disantap tanpa harus menambahkan gula.

Ubi jalar 2

Ubi jalar ukuran sedang yang sudah dipanggang hanya memiliki 105 kalori, sehingga cocok bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Ubi jalar juga mengandung serat dan hampir tidak mengandung lemak. Kandungan nutrisi penting lainnya pada ubi jalar yaitu 25 persen mangan, 14 persen vitamin B6, dan 9 persen kalium.

Selain itu, ubi jalar mengandung nutrisi lain yang tak kalah penting manfaatnya, seperti kolin, betakaroten,serat dan kalium. Ini adalah beberapa alasan diet ubi dianggap paling berpengaruh untuk turunkan berat badan.

1. Tinggi serat

Ubi memiliki serat yang cukup tinggi dibandingkan dengan nasi. Serat yang terdapat pada ubi menyebabkan bahan makanan ini lebih mudah dicerna dibandingkan dengan nasi. Hal ini lantaran fungsi serat yaitu mempercepat transit makanan di usus, sehingga lebih cepat dibuang dari dalam tubuh.

2. Kalori lebih rendah

Ubi dan nasi memang memiliki jumlah kadar kalori yang berbeda. Seratus gram nasi mengandung 130 Kkal, sedangkan pada takaran yang sama, ubi jalar mengandung 90 Kkal. Hal inilah yang menyebabkan ubi menjadi salah satu pilihan terbaik dalam program menurunkan berat badan.

3.Ubi lebih mengenyangkan daripada nasi

Ketika menyantap ubi, Anda akan merasa lebih kenyang. Karena ubi jalar memiliki karbohidrat kompleks sehingga mudah untuk mengenyangkan dan tidak mudah lapar. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan jumlah karbohidrat yang sama dengan nasi, kita perlu mengonsumsi ubi dalam jumlah yang lebih banyak, seperti mengganti satu centong kecil nasi (100 gram) dengan 1 ubi jalar kuning berukuran sedang (135 gram).

Ubi jalar 3

Ukuran takaran konsumsi ubi jalar khusus untuk seseorang yang menurunkan berat badan untuk satu kali makan sejumlah 100 hingga 150 gram atau setara ubi berukuran sedang untuk setiap hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES