Wisata

Berenang di Laut Pangandaran Diyakini Baik untuk Kesehatan Kulit

Minggu, 13 Juni 2021 - 03:07 | 55.35k
Wisatawan berenang di pantai Batukaras selain rekreasi juga ada yang sedang menjalani teraphy (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)
Wisatawan berenang di pantai Batukaras selain rekreasi juga ada yang sedang menjalani teraphy (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Berenang di laut Pangandaran selain sebagai kesenangan saat berwisata juga baik untuk kesehatan kulit.Ada berbagai manfaat yang didapat dari berenang di air laut untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui.

Air laut memiliki kandungan mineral seperti natrium, klorida, sulfat, magnesium dan kalsium, dan sudah lama air laut digunakan untuk terapi medis yang dikenal dengan thalassotherapy.

Salah satu wisatawan asal Bandung Indra mengatakan, dirinya sering berkunjung ke tempat wisata saat libur kerja untuk rekreasi. Berbagai daerah wisata yang ada di Jawa Barat yang menjadi tujuan prioritas adalah pantai Pangandaran, yang ada di Kabupaten Pangandaran.

"Selain bisa berenang saat berkunjung juga ada beberapa manfaat yang bisa didapat untuk kesehatan," kata Indra, Sabtu (12/6/2021).

Indra menambahkan, beberapa rekan kerjanya banyak yang datang bersamaan ke pantai Pangandaran ada yang memiliki pengalaman pribadi.

"Dari salah satu rekan yang pernah saya ajak ke Pangandaran dan berenang ada yang memiliki penyakit kulit," tambahnya.

Indra mengaku selesai berenang tanpa disadari penyakit kulit kawannya sudah sembuh.

pantai Batukaras b

"Karena berkeyakinan kesembuhan penyakit kulitnya setelah mandi di laut, selang dua minggu setelah itu rekan saya kembali ke Pangandaran untuk berenang," jelas Indra.

Berdasarkan referensi, ada tiga manfaat berenang di laut untuk kesehatan di antaranya, meredakan sinusitis, meringankan psoriasis dan menyehatkan mental.

Meredakan sinusitis karena air laut mengandung garam dan mineral yang dapat menurunkan gejala sinusitis serta masalah pernapasan.

Orang-orang yang hidup dekat laut atau sering berenang di laut memiliki sistem pernapasan yang sehat karena air laut dinilai dapat membersihkan lapisan saluran udara atau sebagai irigasi hidung.

pantai Batukaras c

Kandungan garam bersifat antiseptik dan membantu mengurangi peradangan pada lapisan sinus. Sementara air laut juga meringankan psoriasis sebab di air laut kaya akan mineral alami untuk meringankan gejala psoriasis.

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyerang kulit bisa berupa ruam, bersisik, kulit sangat kering, atau terkadang terasa gatal pada kulit.

Air laut yang mengandung magnesium dipercaya dapat meningkatkan kelembaban kulit karena garam dan mineral berlimpah di air laut. Air laut seperti di laut Pangandaran juga bisa menyehatkan mental karena muncul rasa senang dan bahagia sangat membantu melepaskan stres. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES