Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Panglima TNI: Covid-19 Saat Ini Semakin Kompleks

Sabtu, 12 Juni 2021 - 17:01 | 43.50k
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, saat memimpin Apel Gabungan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. (FOTO: Dok TNI)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, saat memimpin Apel Gabungan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. (FOTO: Dok TNI)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, BANGKALANPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, meminta pasukannya untuk bergerak cepat dalam penanganan Pandemi Covid-19 di Tanah Air. Pasalnya kata dia, saat ini dibeberapa daerah terjadi menambahkan yang cukup signifikan.

"Pandemi Covid-19 telah berlangsung lebih dari satu tahun dan menjadi semakin kompleks. Saya ucapkan terima kasih atas dedikasi yang tinggi, kerja keras, kesungguhan, dan upaya yang telah dilaksanakan oleh saudara-saudara semua," katanya saat memimpin Apel Gabungan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Sabtu (12/6/2021).

Ia melanjutkan, perjuangan menghadapi Covid-19 belum selesai. Di Kabupaten Bangkalan saat mengalami lonjakan kasus. Ia pun meminta jajarannya untuk menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi, Tingkatkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan disiplin protokol kesehatan.

Untuk Petugas, Panglima menyampaikan agar selalu membantu pelaksanaan tracing dan testing untuk menemukan kasus konfirmasi sedini mungkin. Kasus konfirmasi yang dapat diidentifikasi sedini mungkin akan memungkinkan perawatan yang lebih baik dan mencegah terjadinya penularan yang lebih luas.

"Optimalkan fungsi PPKM skala mikro dengan membantu penegakkan protokol kesehatan, pemantauan kasus aktif, kedisiplinan pelaksanaan isolasi mandiri," jelasnya.

Panglima TNI juga menekankan agar para petugas dilapangan dapat dapat bergerak cepat melaporkan perkembangan situasi yang ada secara obyektif sebagai bahan analisa dan menentukan langkah selanjutnya secara tepat sasaran dan efektif.

Menghadapi Covid-19 di Bangkalan, pastikan upaya treatment, penanganan kasus positif berjalan dengan baik. Terutama ketersediaan tempat tidur rawatan, tenaga kesehatan, peralatan dan obat-obatan yang dibutuhkan serta isolasi mandiri.

"3 T (Tracing, Testing, dan Treatment) merupakan 3 hal yang sangat berkaitan. Tanpa adanya testing yang optimal, maka tracing kontak erat juga tidak akan berjalan optimal. Akibat tidak berjalannya tracing dan testing yang optimal, maka laju kasus positif akan tinggi," tegasnya.

Salah satu faktor yang tidak kalah penting, yaitu peningkatan pelaksanaan program vaksinasi, karena vaksinasi adalah salah satu upaya untuk menekan pandemi.

"Sosialisasikan bahwa walaupun sudah divaksin, kita tetap harus menjadikan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, termasuk pula mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan sebagai budaya kita, gaya hidup baru kita," ujar Panglima TNI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES