Kesehatan

Ini Lho 5 Manfaat Tape Singkong untuk Kebugaran Tubuh

Sabtu, 12 Juni 2021 - 14:00 | 69.37k
Tape singkong makanan khas dari Jawa Timur (Sumber: Pinterest)
Tape singkong makanan khas dari Jawa Timur (Sumber: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTATape singkong yang merupakan oleh-oleh khas Kabupaten Bondowoso Jawa Timur adalah makanan dari singkong yang terfementasi secara maksimal.

Makanan ini mempunyai rasa manis dan legit ketika dimakan - biasanya dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat minuman segar. Manfaat tape singkong untuk kesehatan adalah karena nutrisi yang dikandungnya.

Inilah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumi tape secara tepat.

1. Sumber karbohidrat yang baik

Singkong merupakan sumber karbohidrat yang baik karena memiliki kandungan karbo lebih baik dari nasi. Kandungan glikemik yang lebih rendah sebagai sumber karbo hidrat, tape singkong bisa menjadi sumber energi bagi tubuh.

Selain itu, karbohidrat kompleks yang dikandung pada tape singkong juga membuatnya menjadi lebih lama dicerna oleh sistem pencernaan sehingga membuat kamu bisa kenyang lebih lama.

Hal ini membuat tape singkong bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Dengan begitu, tentunya anda bisa memilih tape singkong sebagai makanan untuk diet. Dengan manfaatnya yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama, dan juga memiliki kandungan lemak yang rendah, jadi sangat bagus untuk program diet anda.

2. Baik untuk pencernaan

Seperti yang telah diketahui, Makanan fermentasi dapat membantu merangsang pertumbuhan berbagai bakteri baik atau probiotik di dalam usus. Meningkatkanya pertumbuhan bakteri baik di dalam usus akan memengaruhi kesehatan usus secara menyeluruh.

Selain melancarkan pencernaan, bakteri baik juga membantu dalam proses penyerapan nutrisi dan meredakan gangguan pencernaan seperti diare, perut kembung, dan sembelit. Jadi manfaat tape singkong yang pertama adalah untuk pencernaan.

Probiotik atau bakteri baik merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga lancarnya sistem pencernaan. Bakteri baik yang ada pada tape singkong berasal dari mikroorganisme yang ada dalam ragi tape.

3. Mencegah anemia

Tape sangat bermanfaat untuk mencegah anemia. Penyakit ini disebabkan turunnya produksi sel darah merah sehingga tubuh terasa makin lemas dan tidak bertenaga.

Saat proses fermentasi tape berlangsung, terdapat beberapa mikroorganisme yang dapat meningkatkan produksi vitamin B12. Vitamin sangat penting untuk mendukung produksi sel darah merah lebih banyak. Hasilnya, anemia tidak lagi terjadi.

4. Mencegah Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit yang sangat mengerikan karena dapat menstimulasi dan mengembangkan penyakit serius lainnya, seperti serangan jantung dan stroke.

Bagi yang menderita hipertensi, bisa mulai mengkonsumsi tape secara rutin. Tape memiliki sumber kalium yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah, menjaga detak jantung, dan menjaga pembuluh darah tetap bersih dan lancar.

5. Perawatan Jerawat

Tape bisa menjadi satu di antara metode paling efektif untuk menyembuhkan jerawat. Tape dapat membantu tubuh kita untuk menetralkan racun dan berada di pinggir pori-pori yang tersumbat.

Pori-pori yang mengandung kotoran dan racun akan meningkatkan kemungkinan kulit Anda terkena jerawat. Supaya kulit lebih segar dan bersih, Anda bisa mulai mengganti kudapan gorengan Anda dengan tape. Jauh lebih sehat dan enak.

Singkong yang biasanya diolah menjadi tape adalah singkong yang manis, umumnya yang berwarna putih atau kuning. Kamu bisa mengonsumsi tape singkong, tapi tetap jangan terlalu berlebihan karena efeknya malah bisa berbahaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES