Wisata

Wisata Alam Gunung Jae, Tempat Camping yang Asyik di Lombok Barat

Sabtu, 12 Juni 2021 - 11:51 | 207.44k
Kawasan wisata alam Gunung Jae cocok untuk aktivitas outdoor seperti berkemah atau camping.(Foto: Dinas Pariwisata Lombok Barat)
Kawasan wisata alam Gunung Jae cocok untuk aktivitas outdoor seperti berkemah atau camping.(Foto: Dinas Pariwisata Lombok Barat)

TIMESINDONESIA, LOMBOK BARAT – Kecamatan Narmada merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB yang memiliki banyak tempat wisata alam menarik untuk dikunjungi. Ada banyak tempat yang direferensikan untuk wisatawan agar dikunjungi seperti Gunung Jae.

Wisata alam Gunung Jae berlokasi di Desa Sedau, Kecamatan Narmada. Tempat ini merupakan sebuah area wisata yang sebenarnya bukanlah sebuah gunung.

Wisata ini adalah area yang dikelilingi perbukitan dan persawahan yang mengitari sebuah muara sungai berbentuk danau kecil yang tenang, jernih dan indah. Danau inilah yang menjadi objek utama wisata di tempat ini.

Kawasan wisata alam Gunung Jae bPengunjung atau wisatawan dapat menikmati keindahan danau di objek wisata Gunung Jae dengan menggunakan perahu.(FOTO: Dinas Pariwisata Lombok Barat)

Awalnya tempat ini merupakan sebuah kawasan perkemahan biasa. Namun belakangan ini kawasan Gunung Jae berubah menjadi tempat rekreasi yang lebih menarik dengan adanya fasilitas-fasilitas dan wahana baru yang disediakan pemerintah desa setempat.

Kepala Desa Sedau, Amir Syarifudin menjelaskan, pengembangan kawasan wisata Gunung Jae ini berawal dari pelatihan dan diskusi yang diadakan Dinas Pariwisata Lombok Barat beberapa waktu lalu, hingga tercetus ide mengembangkan kawasan ini menjadi bukan hanya sekadar area perkemahan biasa.

“Pengelolaan kawasan ini kami mulai dari Oktober 2020 lalu setelah pelatihan dari Dinas Pariwisata. Dan sekarang di sini, selain camping ground kami juga menyediakan fasilitas lain seperti trek bambu yang melintasi area persawahan yang cocok untuk spot foto," kata Amir, kepada TIMES Indonesia, Sabtu (12/6/2021).

"Selain itu, juga ada penyewaan perahu yang realtif murah untuk mengelilingi danau di sini. Apa pula lapak-lapak yang menyediakan makanan dan minuman, sehingga para pengunjung atau wisatawan tidak perlu repot membawa bekal dari rumah,” sambungnya.

Wisata alam Gunung Jae ini juga telah dibangun beberapa fasilitas seperti lokasi pemancingan ikan hingga fasilitas pendukung lainnya seperti berugak dan ayunan bawah pohon di tepi danau, yang tentunya akan memberikan sensasi tenang dan nyaman. 

Ditambah dengan suasana sejuk di lokasi ini, akan membuat pengunjung atau wisatawan semakin betah berlama-lama menikmati kawasan wisata yang memiliki luas sekitar 10 hektar tersebut.

Tiap pekannya, kawasan wisata Gunung Jae selalu ramai didatangi pengunjung untuk berkemah. Bahkan ada juga pengunjung yang menghabiskan waktu berkemah hingga sepekan lamanya.

Kawasan wisata alam Gunung Jae cSuasana perkemahan di wisata alam Gunung Jae menjelang malam hari. (FOTO: Dinas Pariwisata Lombok Barat)

Pengelola tempat wisata ini juga menyediakan peralatan kemah dengan aneka paket menarik. Pengunjung dapat memesan paket secara langsung di lokasi atau secara online melalui aplikasi AYOKELOMBOK yang dapat diunduh di Playstore. 

Amir kemudian menjelaskan, jika semua kegiatan yang ada di Kawasan Wisata Gunung Jae ini pelaksanaannya diawali dari masterplan yang ada, dan semua penganggaran pembangunan wisata saat ini bersumber dari Dana Desa melalui penyertaan modal ke Bumdes.

Ke depan, wisata alam Gunung Jae ini juga akan dilengkapi fasilitas pendukung lain seperti mushala, meeting room, restoran serta penambahan jumlah perahu.

“Pertama kami membuat masterplan berdasarkan masukan dan petunjuk yang kami dapat dari Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat. Selanjutnya kami dari desa memberikan tugas ini kepada teman-teman Bumdes untuk mengelola wisata alam Gunung Jae ini, yang kemudian Bumdes membentuk unit usaha di bidang pariwisata yang dikelola oleh Pokdarwis,” terang Amir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES