Peristiwa Daerah

Tiga Kebakaran Besar yang Pernah Terjadi di Pertamina RU IV Cilacap

Jumat, 11 Juni 2021 - 23:19 | 28.54k
Api berkobar di area Pertamina RU IV Cilacap pada Jumat malam (11/6/2021).(FOTO: Tangkapan Layar)
Api berkobar di area Pertamina RU IV Cilacap pada Jumat malam (11/6/2021).(FOTO: Tangkapan Layar)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Kebakaran hebat yang  terjadi di kilang minyak Pertamina RU IV Cilacap, Jumat malam saat hujan deras pada 11 Juni 2021 malam ini masih dalam upaya untuk pengendalian pemadaman hingga tuntas.

Soal peristiwa ini, Pertamina Cilacap terbakar ini bukanlah pertama kali kilang itu mengalami kebakaran. Sejumlah peristiwa kebakaran hebat yang pernah terjadi di Kilang yang berada dekat pusat kota pun pernah terjadi sebelumnya.

Manajer Communications, Relations, and CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan mengatakan pihaknya saat ini masih terus dilakukan upaya pemadaman sisa api di area bundwall.

"Upaya pendinginan juga masih terus dilakukan untuk mencegah api timbul kembali," kata Hatim dalam keterangannya persnya, Jumat (11/6/2021)

Kebakaran tangki di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah ini terjadi pada pukul 19.45 dan penyebab kebakaran diduga akibat sambaran petir.

Upaya pemadaman dilakukan dengan menggunakan penyemprotan foam ke arah titik api. Sejumlah 50 petugas pemadam diturunkan untuk menangani kebakaran.

Kilang Cilacap merupakan satu dari enam Kilang Pertamina di Indonesia dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari.

Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Pertamina RU IV Cilacap diketahui pernah beberapa kali mengalami musibah kebakaran. Pada 9 MAret 2008, kebakaran terjadi setelah muncul kilatan api (flasihing) di Fin Fan Cooler (alat pendingin) di FOC I.

Kemudian pada 3 Juni 2009 silam kebakaran hebat terjadi pada pagi hari. Tahun 2016, kebakaran kembali terjadi di kilang Pertamina RU IV Cilacap. Kebakaran tersebut terjadi pada tangki Asphalt yang tengah dalam perbaikan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES